Ahad 24 Dec 2017 14:32 WIB

Sambut Liburan, Ragunan Suguhkan Atraksi Baru

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Ani Nursalikah
Pengunjung berinteraksi dengan Gajah Sumatera di Kebun Binatang Ragunan, Jakarta.  (Dok Republika)
Pengunjung berinteraksi dengan Gajah Sumatera di Kebun Binatang Ragunan, Jakarta. (Dok Republika)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Taman Margasatwa Ragunan menyuguhkan atraksi satwa baru dengan tema Satwa Buka Kado. Humas Taman Margasatwa Ragunan Wahyudi Bambang mengatakan, atraksi tersebut disesuaikan dengan Natal yang akan jatuh pada Senin, 25 Desember.

Wahyudi menuturkan, atraksi akan dilakukan dengan memberikan makanan kepada satwa, namun dikemas dalam bentuk kado. Kado tersebut nantinya akan dibuka oleh satwa itu sendiri, dan pengunjung nantinya dapat menyaksikan atraksi tersebut.

"Ini menjadi salah satu event yang menarik pada karena memang jarang sekali dilakukan di kebun binatang," kata Wahyudi ketika dihubungi Republika.co.id, Ahad (24/12).

Wahyudi menuturkan, pengunjung Taman Margasatwa Ragunan hingga siang tadi sudah mencapai lebih dari 50 ribu orang. Angka tersebut diperkirakan akan terus meningkat dua hingga tiga kali lipat. Apalagi diperkirakan puncaknya akan terjadi pada 25 Desember yang bertepatan dengan Natal, dan Tahun Baru pada 1 Januari mendatang.

Untuk itu, demi mengurangi kemacetan dan antrean yang panjang, ia mengimbau pengunjung dapat membagi dan mengatur waktu kunjungan. "Jangan berpusat di satu hari saja (25 Desember dan 2 Januari). Misalnya kan besok (25/12) diprediksi puncaknya, nah sebaiknya jangan besok datangnya, hari berikutnya kan masih bisa. Liburan cukup panjang. Jadi tolong diatur kedatangannya, jadi tidak mengumpul pada hari event Natal dan tahun baru saja," tambah Wahyudi.

Hal tersebut perlu dilakukan untuk mengurangi lonjakan pengunjung. "Jadi kami harapkan tidak terjadi antrean panjang di pintu loket," tambahnya.

Selain itu, untuk mengurangi antrean panjang di gerbang loket masuk untuk memasuki Ragunan telah menggunakan tiket elektrik yang dinamakan JakCard. Untuk itu, sebelum memasuki Ragunan, pengunjung diharapkan dapat melakukan isi ulang terlebih dahulu. Sebab, dengan melakukan isi ulang di Ragunan akan memperparah antrean di gerbang loket masuk Ragunan.

"Jangan hanya di Ragunan. Bisa diisi ulang di ATM DKI, konter museum atau di Monas, itu bisa diisi ulang. Ataupun bisa di Alfamart terdekat di DKI Jakarta," tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement