Kamis 21 Dec 2017 16:27 WIB

Kapolda NTB Cek Kesiapan Akhir Pengamanan Nataru 2017

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Hazliansyah
Kapolda NTB Brigjen Pol Firli menggelar silaturahmi dengan media massa di Hotel Lombok Plaza, Mataram, NTB, Jumat (31/3).
Foto: Republika/Muhammad Nursyamsyi
Kapolda NTB Brigjen Pol Firli menggelar silaturahmi dengan media massa di Hotel Lombok Plaza, Mataram, NTB, Jumat (31/3).

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Kepolisian Daerah (Polda) Nusa Tenggara Barat (NTB) melakukan kesiapan akhir pengamanan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 dengan enggelar apel pasukan Operasi Lilin Gatarin 2017, di Lapangan Gajah Mada, Mapolda NTB, Kamis (21/12).

Kapolda NTB Brigjen Pol Firli mengatakan, apel tersebut untuk melihat langsung persiapan akhir seluruh personel yang akan bertugas mengamankan pelaksanaan liburan natal dan tahun baru. Sehingga masyarakat mendapat jaminan keamanan serta situasai di lingkungan masyarakat berlangsung kondusif, aman, dan nyaman.

"Apalagi perayaan natal dan pergantian tahun baru kali ini berlangsung bersamaan dengan libur sekolah. Ini menjadi tugas kita semua sebagai aparat keamanan untuk memenuhinya," ujar Firli di Lapangan Gajah Mada, Mapolda NTB, Kamis (21/12).

Kapolri, kata Firli, mengingatkan munculnya potensi tantangan, hambatan dan gangguan bahkan ancaman yang perlu diantisipasi. Seperti potensi serangan teror, kemacetan lalu lintas, bencana alam, ketersediaan dan kestabilan stabilitas harga bahan pokok, serta potensi konflik di tengah masyarakat. Seperti halnya aksi sweeping oleh masyarakat tertentu.

Oleh karenanya, diperlukan langkah-langkah antisipatif seperti meningkatkan kerja sama dan koordinasi antarlembaga yang meliputi Polri, TNI, Kementerian Perhubungan, Kementerian PU, Kementerian Kesehatan, Pertamina, dan Jasa Marga. Hal ini dilakukan untuk menjamin kelancaran arus mudik dan arus balik.

Sedangkan untuk menjamin ketersediaan dan kestabilan harga bahan pokok, Polri bersama Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, BPOM, KPPU, dan Bulog telah melakukan langkah-langkah preventif secara sinergis guna mencegah terjadinya permasalahan dalam pemenuhan kebutuhan pokok.

"Upaya tersebut akan dilakukan sepanjang operasi lilin 2017 berlangsung. Operasi lilin dilakukan terhitung mulai 23 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018," kata Firli menambahkan.

Apel gelar pasukan Operasi Lilin 2017 ini diikuti Kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP, Wakil Gubernur NTB Muhammad Amin, Danlanud, Kepala BNN NTB Basarnas, Kabinda NTB, bersama-sama unsur Forkopimda lainnya.

Usai apel tersebut, Jasa Raharja Mataram menyerahkan dukungan sarana prasarana kepada Kapolda NTB guna menunjang pelaksanaan giat operasi Lilin Gatarin berupa, 150 buah traffic cone, 40 buah barricade, 350 buah rompi, 1 buah tenda 4x6 dan 2 buah tenda kerucut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement