Ahad 17 Dec 2017 12:33 WIB

Peserta Aksi Bela Palestina Mulai Bubarkan Diri

Peserta aksi bela Palestina memadati kawasan Lapangan Monas, Jakarta, Ahad (17/12).
Foto: Republika/Prayogi
Peserta aksi bela Palestina memadati kawasan Lapangan Monas, Jakarta, Ahad (17/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peserta Aksi Bela Palestina yang memulai kegiatan mereka setelah shalat subuh mulai sekitar pukul 10.00 WIB berangsur membubarkan diri. Dari pantauan di sekitar Gambir Jakarta, Ahad (17/12), tampak ribuan orang mulai bergerak menjauh Monas ke arah kawasan Tugu Tani.

Mereka mulai membubarkan diri setelah selama lebih dari enam jam melakukan aksinya. Rencananya peserta aksi akan melaksanakan shalat zuhur secara berjamaah setelah itu kemudian merampungkan aksi tersebut.

Dalam aksi tersebut, Majelis Ulama Indonesia (MUI) memprakarsai penandatangan petisi-petisi sebagai sikap untuk menentang keputusan sepihak Presiden AS Donald Trump yang mengklaim Yerusalem sebagai ibu kota Israel. MUI sendiri menyerukan tuntutannya kepada Presiden AS Trump untuk mencabut kebijakan yang dianggap mencciderai upaya penciptaan perdamaian dunia itu.

Aksi Bela Palestina terkonsentrasi di sejumlah titik dan terpusat di Lapangan Monumen Nasional (Monas), namun peserta aksi banyak pula tersebar di sekitar Gambir dan Bundaran Patung Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat. Massa juga sebagian besar terlihat memakai baju koko dan sarung serta membawa spanduk bertuliskan "We Stand Together With Al Aqsa", "Reject Zionis Trump", dan lain sebagainya.

Ketua Komisi Dakwah MUI KH Cholil Nafis menargetkan acara akan selesai sebelum shalat zuhur atau sekitar pukul 12.00 WIB. "Kami targetkan ini akan rampung setelah shalat zuhur," kata Cholil sebelumnya kepada wartawan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement