Kamis 14 Dec 2017 18:29 WIB

Survei: Aa Gym Paling Diinginkan Dampingi Emil

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Budi Raharjo
 Ustaz Abdullah Gymnatsiar memberikan Kajian Bada Zuhur di Masjid Daarut Tauhid, Jakarta Pusat, Senin (11/9).
Foto: Republika/ Wihdan Hidayat
Ustaz Abdullah Gymnatsiar memberikan Kajian Bada Zuhur di Masjid Daarut Tauhid, Jakarta Pusat, Senin (11/9).

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG -- Hasil survei Lingkar Studi Informasi dan Demokrasi (eLSiD) menempatkan KH Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym sebagai calon wakil gubernur yang paling banyak dipilih oleh responden untuk mendampingi Calon gubernur (Cagub) M Ridwan Kamil (Emil) di Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2018.

Menurut Direktur elSiD, Dedi Barnadi, ia melakukan survei untuk calon wakil gubernur Jawa Barat. Yakni, dengan memberikan pertanyaan pada responden tentang manakah yang paling pantas sebagai cawagub untuk mendampingi Emil.

"Nah hasilnya, nama Aa Gym menempati urutan pertama yakni sebesar 22,5 persen," ujar Dedi kepada wartawan di Bandung, Kamis (14/12).

Dedi menjelaskan, survei tersebut menggunakan metode sampel acak berstrata yang meliputi 630 responden dengan tingkat margin kesalahan kurang lebih 4,3 persen. Ternyata, setelah Aa Gym, calon pendamping Emil yang populer selanjutnya adalah Uu Ruzhanul Ulum (19,8 persen) disusul Daniel Muttaqien (12,3 persen), Maman Imanul Haq (10,4 persen) dan Syaiful Huda (9,7 persen).

Dalam survei ini pun, kata dia, semua responden ditanya, manakah latar belakang cawagub yang cocok untuk mendampingi Emil. Hasilnya, urutan pertama ditempati oleh tokoh agama sebesar 20,5 persen, kedua birokrasi 20,2 persen dan ketiga kalangan pengusaha 16,7 persen.

Untuk elektabilitas Emil di Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018, kata dia, survei eLSiD, sekitar 28,5 persen. Persepsi publik selama ini pun, melihat Emil pasti menang di Pilgub Jabar 2018. "Namun itu belum tentu demikian karena elektabilitas masih di bawah 50 persen sehingga masih bisa disalip oleh yang lainnya," kata Dedi.

Sedangkan dari sisi popularitas, kata dia, menurut survei Deddy Mizwar menempati posisi pertama disusul Ridwan Kamil dan Dedi Mulyadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement