Kamis 14 Dec 2017 16:44 WIB

Menko PMK Salurkan PMT dan PKH di Batam

, Menko PMK Puan Maharani hari ini di Puskesmas Sekupang, Kota Batam, (Kamis, 14/12) menyalurkan Pemberian Makanan Tambahan (PMT)  kepada ibu hamil dan balita.
Foto: Istimewa
, Menko PMK Puan Maharani hari ini di Puskesmas Sekupang, Kota Batam, (Kamis, 14/12) menyalurkan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) kepada ibu hamil dan balita.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah terus melakukan upaya untuk membina gizi ibu, bayi dan anak melalui berbagai langkah strategis.  Terkait hal itu, Menko PMK Puan Maharani hari ini di Puskesmas Sekupang, Kota Batam, (Kamis, 14/12) menyalurkan Pemberian Makanan Tambahan (PMT)  kepada ibu hamil dan balita.

Dalam kunjungan kerjanya ke Puskesmas Sekupang, Menko PMK Puan Maharani melakukan dialog dengan masyarakat. Kepada seorang ibu hamil bernama Anita, Menko PMK menerangkan bahwa ibu hamil diwajibkan mengkonsumsi biscuit yang diberikan pemerintah sehari 2 keping. Dengan mengkonsumsinya, akan membuat ibu hamil menjadi lebih sehat sebab isinya mengandung vitamin. Ibu hamil, sebutnya, juga harus memeriksakan kesehatan di layanan kesehatan terdekat.

“Biskuit yang diberikan ini untuk jatah 1 bulan. Setelah habis akan diberikan lagi. Ibu hamil dapat memintanya ke Puskesmas terdekat,” jelas Menko PMK.

Dalam penyaluran Pemberian Makanan Tambahan (PMT) di Puskesmas Sekupang, Menko PMK menyerahkan secara simbolis kepada dua ibu hamil dan dua balita. Adapun total PMT yang diberikan di Puskesmas Sekupang sebanyak 891 kg untuk 99 ibu hamil serta 896 kg untuk 83 balita. Selain itu diberikan pula PKH dan paket bantuan sembako berupa beras 5 kg, minyak goreng 1 liter, Gula Pasir 1 kg dan Susu Kental Manis 1 buah secara simbolis kepada lima Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Dalam kesempatan itu pula, Menko PMK juga sempat menyerahkan bantuan Al Quran dan Buku Bacaan secara simbolis bagi anak-anak Sekupang.  Terkait dengan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) yang diserahkannya, Menko PMK berpesan agar mempergunakan dengan sebaik-baiknya.

 

“Harus dibelikan untuk kebutuhan keluarga dan anak utamanya. Jangan untuk jajan atau membeli pulsa,” Menko PMK mengingatkan.

Menko PMK juga berpesan agar para pendamping mampu mengedukasi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan baik terkait bantuan PKH. Sebagai informasi, total bantuan PKH Tahap IV Kota Batam sebesar 4.047.510.000.  Adapun yang telah tersalurkan sebesar 3.963.840.000 dan yang belum tersalurkan 83.670.000.

Hadir dalam pemberian PMT di Puskesmas Sekupang, Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Nurdin Basirun, Walikota Batam M.Rudi serta Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesehatan Kemenko PMK Sigit Priohutomo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement