Advertisement

Pantau Kualitas Tanaman, Gubernur Babel Sambangi Petani Lada

Rabu 13 Dec 2017 20:49 WIB

Red: Mohamad Amin Madani

REPUBLIKA.CO.ID, BABEL -- Gerimis yang menghujani hampir seluruh wilayah Kepulauan Babel hari ini, tak menyurutkan niat Gubernur Erzaldi Rosman Djohan untuk natak kampong (blusukan) di wilayah Bangka Selatan (Basel). Jalan berlumpur dan rawa liar disusuri Erzaldi susuri untuk memastikan perkembangan pertanian lada di Basel. Adalah kebun lada milik salah satu Tohen (50), salah satu petani lada di Basel yang kebetulan disambangi Erzaldi.

Lada milik Tohen ini disebut memiliki kualitas super karena terhindar dari bakteri yang kerap menurunkan kualitas lada. Kunjungan ini sekaligus meninjau kualitas lada yang tersebar di Bangka bagian selatan. “Hari ini kami sedang berkunjung ke salah satu kebun lada Pak Tohen di Desa Tirem, Bangka Selatan. Ini dia sudah terkenal bisa membuat Sahang (lada) yang sudah menguning menjadi sehat kembali hanya dalam waktu tempo satu tahun dan hijau,” ucap Erzaldi di kebun lada milik Tohen, di Bangka Selatan, Rabu (13/12).

Kedepan, Erzaldi akan menyusun rencana penyuluhan untuk petani  agar bisa menanam lada dengan baik dan menghasilkan lada yang berkualitas. Lada saat ini, dijelaskan Erzaldi, hanya ditanam dengan sistem manual di luar standar penanama lada yang sehat. Tak heran jika lada yang dihasilkan masih  belum maksimal. Selain itu soal bibit unggul, pupuk dan tanaman penunjang masih jadi kendala. Mantan Bupati Bangka Tengah ini memprogramkan bantuan bibit lada unggul.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

Timnas U-23 Indonesia vs Irak Berakhir 1-2

Jumat , 03 May 2024, 01:28 WIB