Rabu 13 Dec 2017 20:06 WIB

Ini Alasan Emil Butuh Sosok Cawagub Santri

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Budi Raharjo
Direktur Eksekutif Lingkar Madani (LIMA) Ray Rangkuti
Foto: Republika/Prayogi
Direktur Eksekutif Lingkar Madani (LIMA) Ray Rangkuti

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG -- Calon gurbernur (cagub) Ridwan Kamil (Emil) akan bermusyawarah dengan sejumlah tokoh Jawa Barat. Dia ingin meminta masukan terkait pemilihan calon wakil gubernur yang akan mendampinginya pada Pemilu Gubernur (Pilgub) Jabar.

Hal ini tidak terlepas dari banyaknya partai yang mengusulkan kadernya untuk dipasangkan dengan Wali Kota Bandung itu. Menurut Direktur Eksekutif Lingkar Madani (LIMA), Ray Rangkuti, Emil memerlukan sosok wakil gubernur yang mampu meningkatkan elektabilitasnya pada Pemilu Gubernur Jawa Barat 2018.

Jika ingin menang, Ray menilai Emil harus menggandeng figur yang merepresentasikan kalangan santri. Yakni, santri yang kompeten baik secara kultural maupun moral. "Harus memilih figur yang mendorong kelompok santri masuk (memilih) ke dia (Emil)," ujar Ray kepada wartawan, Rabu (13/12).

Ray mengatakan, santri kultural diartikan sebagai sosok yang lahir dari lingkungan pesantren sehingga memiliki basis yang kuat di kalangan tersebut. Sedangkan yang dimaksud santri secara moral adalah sosok yang bersih, mendahulukan kepentingan publik, dan sudah teruji kualitasnya. "Jadi figur ini sangat tepat untuk menjadi wakil Emil," katanya.

Ray menilai, kehadiran sosok religi bagi Emil ini sangat penting mengingat masyarakat Jawa Barat yang terkenal religi. Selain itu, yang tidak kalah penting hadirnya sosok tersebut mampu mengimbangi sosok Emil yang identik nasionalis. "Figur dia nasionalis. Jadi dia membutuhkan tandem yang santri, dekat dengan kelompok agama. Bicara politik Jawa Barat, harus bicara santri," katanya.

Tak hanya itu, kata dia, sosok santri inipun sangat dibutuhkan Emil untuk mengantisipasi serangan isu SARA. "Itu cukup untuk membentengi agar dia tidak diserang isu SARA," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement