Selasa 12 Dec 2017 19:58 WIB

Persiapkan UN, Mendikbud Sisir Sekolah tak Punya Komputer

Rep: Andrian Saputra/ Red: Winda Destiana Putri
Ujian Nasional
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Ujian Nasional

REPUBLIKA.CO.ID, KLATEN -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy meminta sekolah mempersiapkan diri untukmenyelenggarakan Ujian Nasional dengan komputerisasi tahun depan. Untuk membantu sekolah, Kemendikbud siap mendistribusikan unit komputer kepada sekolah-sekolah yang membutuhkan.

Diharapkan dengan begitu sekolah siap untuk menyelenggarakan UN berbasis komputer. Kemendikbud menargetkan sekitar 80 persen SMP dan 90persen SMA/SMK di berbagai daerah telah mempunyai fasilitas unit komputer yang dapat digunakan siswa saat UN.

"Kami akan fokus untuk SMP karena tahun depan UN, kita targetkan UN SMP 80 persen sudah menggunakan komputer dan SMA kita targetkan 90 persen," kata Muahadjir saat berkunjung ke SMP 1 Cawas Klaten pada Selasa (12/12).

Sebab itu, Muhadjir mengatakan Kemendikbud dibantu Kemenko PMK akan menyisir sekolah-sekolah yang belum memiliki unit komputer. Sementara itu dalam kesempatan tersebut, sebanyak 160 unit komputer dibagikan kepada 8 sekolah negeri yang ada di Kabupaten Klaten dan Kabupaten Boyolali. Sekolah-sekolah tersebut diantaranya SMP N 1 Cawas, SMP N 1 Wedi, SMP N 3 Bayat, SMP N 3 Gantiwarno dan SMP N 1 Ngemplak, SMP N 4 Boyolali, SMP N 3 Juwangi, serta SMP N Ampel.

"Kita lagi sisir sekarang termasuk di Jawa Tengah ini, mana yang belum ada komputer kita bantu lagi," tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement