Senin 11 Dec 2017 09:11 WIB

AMIK BSI Bekasi Siapkan Karier Mahasiswa

Salah satu kegiatan seminar karir yang diadakan oleh BSI Career Center (BCC) AMIK BSI Bekasi.
Foto: Dok BSI
Salah satu kegiatan seminar karir yang diadakan oleh BSI Career Center (BCC) AMIK BSI Bekasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- BSI Career Center (BCC) AMIK BSI Bekasi menggelar seminar karir bekerja sama dengan PT  Matahari Departemen Store dan PT Transretail Indonesia. Acara tersebut diadakan di aula Kampus AMIK BSI Bekasi, Jalan Cut Mutiah  nomor  88, Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/12).

Seminar yang dihadiri 267 mahasiswa AMIK BSI Bekasi ini digelar untuk menekan laju perkembangan angka pengangguran serta memberikan pengetahuan berkarir bagi mahasiswa AMIK BSI Bekasi.

Seminar yang dibuka oleh Staf BCC AMIK BSI Bekasi Cep Adiwihardja ini menampilkan dua nara sumber. Keduanya adalah Manager PT Transretail Indonesia,  Kusbiono dan HR Manager PT Matahari Departemen Store, Yosephine.

Dalam materinya,  Kusbiono menekankan tentang  pentingnya personal branding sebagai modal utama untuk melamar pekerjaan, serta promosi jabatan.

“Dalam hal berkarir, mahasiswa harus berani out of the box. Artinya,  mahasiswa tidak harus mencari posisi karir yang sesuai dengan jurusan akademik tetapi harus berani mencoba hal yang baru,” ungkap Kusbiono.

Sementara menurut Yosephine, tidak hanya personal branding yang harus dipersiapkan. Tetapi, sebagai job seeker, pengetahuan lain yang harus diketahui adalah memahami dengan benar tahapan dalam melamar pekerjaan. Selain itu, Yosephine juga memberikan tips dan trik sukses dalam menghadapi wawancara kerja.

Cep Adiwihardja berharap seminar tersebut bermanfaat bagi mahasiswa dalam merencanakan karirnya setelah kuliah,  sejak mereka masih duduk di bangku perkuliahan.

“Kami berharap setelah mengikuti seminar karir ini, mahasiswa lebih paham dalam merencanakan karirnya sejak dini. Selain itu, juga dapat memberikan rasa percaya diri kepada mahasiswa. Setidaknya setelah lulus kuliah, lebih siap dalam menghadapi dunia kerja, dimulai dari tahap seleksi administrasi hingga seleksi wawancara,” kata Cep Adiwihardja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement