Sabtu 09 Dec 2017 06:31 WIB

Hari Ini Jokowi Tinjau Lokasi Bencana di Gunung Kidul

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Andi Nur Aminah
Evevakuasi korban banjir di Pacarejo, Semanu, Gunungkidul, DI Yogyakarta (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Andreas Fitri Atmoko
Evevakuasi korban banjir di Pacarejo, Semanu, Gunungkidul, DI Yogyakarta (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Presiden Joko Widodo  (Jokowi) akan menanam pohon dalam rangka Hari Menanam Pohon di Kabupaten Gunungkidul dan meninjau korban bencana, Sabtu (9/12). Jokowi juga sekaligus menginstruksikan penggunaan Dana Siap Pakai (DSP) dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang akan digunakan untuk membantu penanganan wilayah terdampak badai siklon tropis Cempaka.

Hal itu disampaikan Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY Krido Supriyanto, di ruang kerjanya, Jumat (8/12). Rencananya, untuk penanaman pohon dalam rangka Puncak Hari Menanam Pohon dan Bulan Menanam Pohon akan dilaksanakan di Desa Karangasem Kecamatan Ponjong. Sementara itu untuk lokasi bencana terdampak badai siklon tropis Cempaka yang akan dikunjungi Jokowi adalah di Dusun Bojing, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo. Lokasi tersebut dekat dengan tempat wisata Gua Pindul.

Di Dusun tersebut kerusakannya cukup berat dan menjadi wilayah terisolasi karena jembatan menuju dusun tersebut putus. "Kalau tidak ada perubahan Pak Jokowi akan menuju ke Dusun Bojing yang dihuni oleh sekitar 90 KK (400 jiwa) menggunakan perahu dan melewati sungai bawah tanah. Rencananya Pak Jokowi melakukan kunjungan ke lokasi tersebut sekitar pukul 13.00 WIB dan mudah-mudahan tidak ada perubahan," kata Krido yang juga sebagai Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY ini.

Ia mengungkapkan sarana pariwisata di Kabupaten Gunungkidul yang mengalami kerusakan cukup banyak. Ada 17 lokasi dan salah satunya adalah di Gua Pindul.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement