Ahad 03 Dec 2017 02:50 WIB

Kekuatan Logistik Banjir Pacitan Bisa Bertahan Enam Hari

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Israr Itah
Lokasi bencana longsor di Desa Mlati, Arjosari, Pacitan, Jawa Timur, Jumat (1/12).
Foto: Republika/Ronggo Astungkoro
Lokasi bencana longsor di Desa Mlati, Arjosari, Pacitan, Jawa Timur, Jumat (1/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kondisi Pacitan, Jawa Timur, setelah bencana banjir dan longsor kini perlahan mulai normal. Banjir sebagian besar sudah surut, kehidupan perekonomian, jasa, dan pemerintahan juga perlahan normal. 

"Kekuatan logistik masih mampu untuk enam hari ke depan. Secara umum penanganan darurat sudah berjalan baik, tinggal mempertahankan manajemen yang dikomandoi oleh IC (Incident Commander)," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (2/12).

Menurut dia, Siklon Tropis Dahlia yang disusul Siklon Cempaka, tidak berpengaruh besar terhadap wilayah Pacitan. Banjir juga hanya menyisakan genangan di wilayah Kecamatan Pacitan dengan ketinggian 20-30 sentimeter, hal ini disebabkan area cekungan yang tidak ada drainase sehingga air tidak bisa keluar.

"Kondisi lumpur sisa banjir dan material sampah banjir, masih sangat banyak di perumahan warga terdampak," jelas Sutopo. 

Para pengungsi memiliki kebutuhan mendesak yang harus segera dipenuh seperti, air minum dan air bersih untuk pembersihan lingkungan, pakaian dan buku sekolah, alat berat, dan penampungan air bersih. Rencananya, hari ini (3/12), BNPB akan lakukan beberapa operasi di lokasi pengungsian.

"Pelayanan dapur umum dan droping logistik, pencarian korban longsor, pembersihan lingkungan, pelayanan kesehatan, pelayanan air bersih, penguburan bangkai ternak, pendataan korban terdampak, pengungsi, dan kerusakan, serta pemulihan jaringan listrik dan komunikasi," papar Sutopo.

Sebelumnya, cuaca ekstrem akibat pengaruh siklon tropis Cempaka menyebabkan curah hujan tinggi dan air laut pasang di Pacitan. Akibatnya, semua daerah aliran sungai (DAS) yang bermuara ke Teluk Pacitan meluap akhir November 2017 lalu.

Adapun lokasi kejadian di Kecamatan Kebonagung, Kecamatan Pacitan, Kecamatan Tulakan, Kecamatan Tegalombo, Kecamatan Nawangan, Kecamatan Arjosari, dan Kecamatan Ngadirojo.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement