Selasa 28 Nov 2017 00:47 WIB

Aksi Tanam Pohon Peringati Hari Pohon di Kawasan TNGGP

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Hazliansyah
Ilustrasi Penanaman Pohon Mangrove
Foto: Foto : MgRol_93
Ilustrasi Penanaman Pohon Mangrove

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Aksi penanaman pohon dilakukan sejumlah jurnalis dan warga di kawasan Taman Nasional Gunung Hede Pangrango (TNGGP), Senin (27/11). Kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari memperingati hari pohon sedunia setiap 21 November dan hari menanam pohon Indonesia 28 November.

Gerakan tanam pohon dilakukan di Resort Tegallega, PTN Wilayah I Cianjur, TNGGP. Penanaman pohon ini dilakukan pada saat wilayah tersebut diguyur hujan deras.  

"Kami menyambut positif gerakan menanam pohon," ujar Kepala Bidang Pengelolaan Taman Nasional (PTN) Wilayah I Cianjur TNGGP, Diah Qurani Kristina, kepada wartawan di sela-sela kegiatan penanaman pohon.

Langkah tersebut digagas PT Tirta Investama Aqua Grup yang melibatkan sejumlah jurnalis baik dari Jakarta maupun Cianjur serta petugas TNGGP.

Menurut Diah, TNGGP menjalin kemitraan dengan sejumlah pihak termasuk Aqua dalam menjaga kelesatarian alam. Pasalnya kata dia kawasan TNGGP menjadi pengaman bagi lokasi d sekitarnya terutama dalam menjaga ketersediaa air. Bila kawasan TNGGP mengalami kerusakan lanjut dia maka akan berdampak pada kawasan di sekitarnya.

Ditambahkan Diah, TNGGP menjalin kerjasama dalam hal pendampingan kepada masyarakat. Harapannya upaya konservasi dengan menanam pohon ini bisa dirasakan manfaatnya oleh warga. Ia mengatakan manfaat dari konservasi ini tidak hanya warg sekitar melainkan secara lebuh luas warga di Cianjur, Sukabumi, Bogor dan Jakarta.

Senior Sustainable Depelopment Manager Aqua Grup Arief Fatullah mengatakan, Aqua Grup mengembangkan program Aqua Lestari di Cianjur.

Program ini mencakup konservasi hutan keanekaragaman hayati, pertanian berkelanjutan, community development dan pemenuhan akses air bersih dan sanitasi untuk masyarakat, imbuh dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement