Kamis 16 Nov 2017 17:40 WIB

Bogor Hujan, Katulampa Siaga Tiga

Rep: Adinda Pryanka/ Red: Andi Nur Aminah
Masyarakat Jakarta juluki Bogor merupakan pengirim banjir, pengawas Bendungan Katulampa angkat bicara.
Foto: Republika/Rahma Sulistya
Masyarakat Jakarta juluki Bogor merupakan pengirim banjir, pengawas Bendungan Katulampa angkat bicara.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Hujan yang turun di Bogor dari siang hingga sore ini membuat debit air sungai Ciliwung di Pintu Air Bendung Katulampa, Kota Bogor, meningkat. Menurut data yang didapatkan dari Kepala Penjaga Bendung Katulampa Andi Sudirman, ketinggian air mencapai 100 centimeter dengan status siaga tiga pada Kamis (16/11) pukul 16.55 WIB.

Menurut Andi, kenaikan volume air ini terjadi bertahap sejak pukul 16.00 WIB, ketika kawasan Bogor masih gerimis. Saat itu, ketinggian air baru menyentuh 40 centimeter atau sama saja dengan siaga empat.

Pada pukul 16.42 WIB, ketika hujan semakin deras, tinggi air jadi 60 centimeter. Terus meningkat di pukul 16.48 WIB dengan ketinggian air 80 centimeter atau siaga empat. "Untuk debit air sekarang 138 meter kubik," tutur Andi ketika dikonfirmasi Republika.co.id, Kamis (16/11) petang.

Dengan status siaga tiga ini, Andi mengimbau kepada masyarakat yang tinggal di sepanjang Sungai Ciliwung untuk tetap waspada, terutama untuk daerah hilir. Terlebih, menurut situs Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Bogor tetap diterpa hujan ringan sampai malam hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement