Selasa 14 Nov 2017 06:06 WIB

Gubernur Dorong Museum Negeri Sumut Jadi Wisata Andalan

Rep: Issha Harruma/ Red: Hazliansyah
Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi
Foto: dok. Humas Pemprov Sumut
Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi meminta Dinas Pariwisata selaku pengelola Museum Negeri Sumut melakukan berbagai perubahan dan inovasi. Hal ini disampaikan Erry saat membuka pameran dalam rangka peringatan Hari Pahlawan di Museum Negeri Sumut, Senin (13/11).

Erry mengatakan, dengan adanya inovasi, museum bisa menjadi salah satu tujuan wisata andalan sekaligus pusat informasi tentang sejarah Sumut.

"Museum ini pernah menjadi museum terbaik nasional pada tahun 2016 kategori museum provinsi. Saya berharap kondisi museum terus mengalami peningkatan agar dapat menjadi salah satu tujuan wisata andalan," kata Erry, Senin (13/11).

Erry mengatakan, seharusnya, prestasi tersebut dapat dipertahankan dan bukan semakin menurun. Dalam acara itu, dia juga meminta penataan tampilan museum diperbaiki agar lebih asri dan enak dipandang mata. Dengan begitu, akan lebih banyak mengundang pengunjung.

"Mungkin bisa melibatkan konsultan yang berpengalaman dalam penataan museum sehingga bisa lebih baik tampilannya. Kesannya lebih asri dan enak dipandang sehingga dapat lebih banyak mengundang pengunjung," ujar dia.

Sementara itu, Kadis Pariwisata Sumut Elisa Marbun mengklaim, pihaknya terus mengupayakan peningkatan fasilitas penunjang. Hal ini, lanjutnya, demi meningkatkan mutu pelayanan serta jumlah kunjungan di museum. Salah satu fasilitas penunjang itu, yakni mini theatre.

"Perlu kami laporkan bahwa museum saat ini memiliki mini theatre untuk sarana informasi bagi masyarakat khususnya anak sekolah dan museum berbasis daring atau online," kata Elisa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement