Jumat 10 Nov 2017 09:53 WIB

ICMI Jabar Dukung Deddy Mizwar di Pilgub Jabar

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Andri Saubani
Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar
Foto: Republika/Edi Yusuf
Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Orwil Jawa Barat (Jabar) menyatakan dukungan dan mendorong Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar (Demiz) untuk maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2018. Menurut Ketua ICMI Orwil Jawa Barat Muhammad Najib, sebagai bagian dari ICMI Jabar, maka ICMI harus memberikan dukungan kepada pemimpin yang terbaik.

"Makanya, kami mendorong beliau maju di Pilgub Jabar 2018 karena kita memiliki banyak kesamaan," ujar Najib usai menerima aspirasi dari Formasi Jawa Barat, di Bandung, Kamis malam (9/11).

Menurut Najib, dukungan untuk Deddy Mizwar untuk kembali berlaga di Pilgub Jawa Barat 2018 bukan semata karena kesamaan secara organisasi yakni Deddy Mizwar tercatat sebagai Wakil Pembina ICMI Orwil Jawa Barat. Namun, dukungan dan dorongan untuk Deddy Mizwar tersebut diberikan karena kesamaan pandangan antara ICMI dengan pria yang akrab disapa Demiz.

"Beliau orangnya tentu punya kapasitas dan integritas dan juga punya pandangan serta komitmen yang sama dengan pandangan yang berkembang dengan ICMI," katanya.

Najib mengatakan, kesamaan pandangan terhadap sosok Deddy Mizwar tersebut sesuai dengan aspirasi umat islam yang tergabung dalam Forum Kerjasama Ormas Islam Jawa Barat (Formasi). Saat ini, ada sejumlah aspirasi dari Formasi Jawa Barat untuk calon gubemur/wakil gubernur Jawa Barat 2018-2023 yang disampaikan kepada pihaknya seperti menjadikan agama sebagai dasar bagi seluruh langkah dan kebijakan kepemimpinannya.

Kedua, kata dia, menjadikan organisasi kemasyarakatan khususnya ormas-ormas Islam sebagai mitra strategis pemerintah daerah dalam melakukan pembangunan berkelanjutan untuk memberdayakan dan menyejahterakan seluruh masyarakat Jawa Barat.

Selain itu, Najib menilai harus melakukan pembenahan, penataan, dan pembinaan aparatur pemerintahan secara konsisten, tegas dalam menindak aparat yang terindikasi korupsi dan kolusi serta mencegah berbagai penyimpangan jabatan Iain yang dinilai menyakiti hati masyarakat dan rakyat Jawa Barat. Alasan lainnya, menurut Najib adalah merdeka dan tidak menjadi kepanjangan tangan atau berkolaborasi atau tersandera oleh kekuatan-kekuatan ekonomi kapitalistik yang diindikasikan selalu berusaha untuk melakukan eksploitasi terhadap tanah-tanah dan aset-aset strategis.

Intinya, kata dia, ada aspirasi gabungan ormas Islam yakni Formasi yang ingin kita sampaikan bahwa ada kesamaan pandangan dan pemikiran antara Pak Deddy Mizwar dengan ormas islam. Terutama, terkait dengan apa yang nanti akan dilakukan nanti jika ditakdirkan menjadi Gubernur Jabar.

Deddy Mizwar berterima kasih atas dukungan dari Formasi dan ICMI Orwil Jawa Barat terhadap dirinya di Pilgub Jawa Barat 2018. Intinya, dorongan dan masukan ini menjadi energi untuk terus bersinergi dalam mengawal Pilgub Jabar.

"Ke depannya mudah-mudahan bisa mengembangkan dan bersama-sama membina umat. Ini suara yang signifikan dan harus didengar oleh siapa pun sebetulnya, katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement