Jumat 03 Nov 2017 18:22 WIB

Simon Winchester Bagikan Kiat Menulis

Rep: Eric Iskandarsjah/ Red: Fernan Rahadi
Simon Winchester saat berbicara dalam kegiatan yang digelar oleh Rumah Budaya nDalem Natan, Yogyakarta pada Kamis (2/11).
Foto: Eric Iskandarsjah/Republika
Simon Winchester saat berbicara dalam kegiatan yang digelar oleh Rumah Budaya nDalem Natan, Yogyakarta pada Kamis (2/11).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Simon Winchester, penulis buku yang terkenal secara global berjudul Krakatoa: The Day The World Exploded berkunjung ke Yogyakarta secara khusus. Kunjungan itu ia maksudkan untuk membagikan kiat-kiat dalam menulis sebuah buku.

Kiat pertama yang ia sampaikan adalah dengan mencoba untuk menulis hal yang sangat sederhana. "Namun hal yang sederhana itu disajikan dengan menarik dan ulasan yang mendalam," ujar pria kelahiran London, Inggris, tahun 1944 dalam kegiatan yang digelar oleh Rumah Budaya nDalem Natan, Yogyakarta pada Kamis (2/11).

Menurut dia, salah satu hal sederhana yang pernah ia tulis adalah tentang Kamus Oxford. Meski terlihat sebagai hal yang sederhana, namun ia mencoba mengulas tentang teknis dan seluk beluk dari sejarah terciptanya Kamus Oxford dan berhasil terkemas dengan menarik.

"Kita harus selalu banyak membaca agar dapat terus menambah referensi," ucapnya. Selain itu, lanjut dia, seorang penulis juga harus terus mengasah kepekaan dengan membuka mata, telinga dan perasaan.

Dengan begitu, maka seorang penulis dapat menyerap informasi sebanyak mungkin. Tinggal nanti selanjutnya bagaimana seorang penulis menyajikan informasi itu dalam sebuah tulisan.

Ia juga mengatakan, penulis saat ini sangat dimudahkan oleh kemajuan teknologi informasi. Sehingga, penulis dapat lebih mudah dalam menggali informasi dan mencari referensi sebanyak-banyaknya.

Ia menekankan hal ini karena ia pernah mengalami di mana teknologi belum semaju saat ini. Sehingga untuk mencari referensi harus mendatangi perpustakaan di berbagai negara.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement