Senin 30 Oct 2017 17:40 WIB

Malang Siapkan Kampung Wisata Bernuansa Biru Arema

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Indira Rezkisari
Pemerintah Kota Malang tengah menyiapkan tempat wisata baru yang bernama Kampung Biru yang berada di sekitar Kampung Warna-warni dan Tridi.
Foto: Republika/Wilda Fizriyani
Pemerintah Kota Malang tengah menyiapkan tempat wisata baru yang bernama Kampung Biru yang berada di sekitar Kampung Warna-warni dan Tridi.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Pemerintah Kota (Pemkot) Malang saat ini tengah mempersiapkan kampung tematik baru yang bernuansa biru sebagai lambang klub sepakbola Arema. Kampung wisata ini rencana selesai proses pembangunannya pada akhir tahun 2017.

Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Barenlitbang) Pemkot Malang, Erik Setyo Santoso menerangkan, akan terdapat 500 rumah yang akan dicat warna biru. Ratusan rumah tersebut merupakan gabungan dari RW 04 dan 05 Kelurahan Kidul Dalem, Komjen, Kota Malang, Jawa Timur (Jatim). Area ini berbatasan langsung dengan Kampung Warna-warni dan Tridi.

"Dan kenapa kita buat program ini karena ini masih jadi program kelanjutan penataan kawasan dari pemkot Malang," ujar Erik melalui pesan singkat yang diterima Republika.co.id, Senin (30/10).

Sementara itu, Erik menambahkan, proses pembangunan telah dimulai beberapa waktu lalu. Sampai saat ini setidaknya masih ada sekitar 136 rumah yang sudah selesai dicat. Sisanya diharapkan dapat segera selesai pada akhir tahun sehingga dapat dibuka untuk umum.

Warga Kampung Biru, Saiful Bahri, menyatakan dukungannya atas pembangunan tempat baru wisata ini. Selain akan mendatangkan wisatawan untuk meningkatkan perekonomian warga, kesan kumuh pada kampungnya juga akan segera hilang. Terlebih lagi, kampungnya berada di daerah aliran Sungai Brantas itu lebih dikenal sebagai tempat yang kurang sedap dipandang selama ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement