Ahad 29 Oct 2017 13:19 WIB

Istimewanya Kotak Mas Kawin Pernikahan Kahiyang

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Kotak suvenir grafir kaca untuk tamu pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dengan Bobby Afif Nasution.
Foto: Republika/Andrian Saputra
Kotak suvenir grafir kaca untuk tamu pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dengan Bobby Afif Nasution.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Berbeda dengan kotak cincin pada umumnya yang dibuat dari bahan dasar kayu dengan balutan kain beludru. Pada pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dengan Bobby Afif Nasution, kotak cincin pasangan kedua mempelai terbuat dari kaca dengan teknik grafir sehingga memberi kesan istimewa.

Pembuatnya adalah Mintorogo, seorang pengrajin grafir kaca yang tinggal di Kestelan, Banjarsari, Solo. Kotak cincin kedua mempelai dibuat spesial dengan motif batik. 

"Saya buat kotak cincinnya dan nampan untuk tempat kotaknya. Motifnya Sidomulyo," ujar Mintorogo, pemilik Risang Aji Airglass saat dijumpai Republika.co.id, Ahad (29/10).

Motif batik sidomulyo dengan warna cokelat yang dipilih keluarga Jokowi punya filosofi tersendiri. Menurut Mintorogo, diharapkan pernikahan Kahiyang dan Bobby akan langgeng hingga akhir hayat.

Pada bagian dalam kotak cincin berbentuk persegi, Mintorogo menambahkan kain beludru berwarna biru gelap. Untuk membuat kota kcincin berikut nampannya, Mintorogo mengerjakannya dengan penuh ketelitian.

Mintorogo memang sudah terkenal sebagai pengrajin grafir kaca. Ia sudah menggeluti kerajinan itu sejak 1990-an meneruskan usaha turun temurun keluarganya.

Mintorogo, pengrajin grafir kaca memperlihatkan kerajinannya. Republika/Andrian Saputra

Buah tangannya tak hanya beredar di dalam negeri, tapi juga sudah merambah sejumlah negara di Eropa dan Amerika. Di rumahnya, beragam jenis kerajinan kaca hias menghiasi setiap etalase dan dinding ruangan. Harga kerajinan buatannya beragam, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah, disesuaikan dengan ukuran serta tingkat motifnya.

Kendati demikian, Ia enggan memberitahu harga kotak cincin yang dipesan keluarga Jokowi. Meski pesanan itu datang dari keluarga presiden, namun Mintorogo mengaku tak menaikkan harga jual produk kerajinan tangannya.

"Saya bersyukur, ini sebuah kepercayaan besar buat saya sehingga saya pun berupaya mengerjakannya dengan betul-betul," tuturnya.

Selain dipercaya membuat kotak cincin, Keluarga Jokowi juga meminta Mintorogo membuatkan suvenir grafir kaca. Sebanyak 500 suvenir grafir kaca cantik disiapkan untuk tamu undangan yang hadir pada pernikahan Kahiyang dan Bobby pada 8 November mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement