Jumat 27 Oct 2017 01:25 WIB

AHY Ajak Warga Makassar Donor Darah

Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institute (TYI) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memberi sambutan dalam peluncuran The Yudhoyono Institute (TYI), Jakarta, Kamis (10/8).
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institute (TYI) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memberi sambutan dalam peluncuran The Yudhoyono Institute (TYI), Jakarta, Kamis (10/8).

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) usai memberikan orasi ilmiahnya tentang kebangsaan kemudian mendonorkan darahnya dan mengajak semua warga mendonor di Palang Merah Indonesia (PMI).

"Sesuai dengan mottonya, setetes darah menyelamatkan manusia, memang sangat benar dan manfaat lainnya sangat banyak," ujar Agus Harimurti Yudhoyono di Makassar, Kamis.

Dengan didampingi istrinya Annisa Pohan dan Ketua PMI Makassar Syamsu Rizal, Agus berharap darahnya yang didonorkannya itu bisa bermanfaat untuk warga lainnya yang sedang membutuhkan pertolongan.

Di tengah-tengah aksinya mendonorkan darahnya itu, sejumlah mahasiswa yang umumnya kaum hawa banyak mendekati putra sulung Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu untuk berfoto bersama.

Syamsu Rizal yang juga Wakil Wali Kota Makassar itu mengatakan, donor darah sangat baik bagi tubuh karena mampu meregenerasi sel-sel dalam tubuh.

Ia mengatakan manfaat utama dalam mendonor darah itu bukan hanya bermanfaat terhadap orang lain tetapi juga untuk diri sendiri.

Bukan cuma itu, ia mengaku jika rutin mendonorkan darah akan mampu memberikan dampak pada kesehatan pendonornya yang salah satunya adalah dengan membuat awet muda.

"Jika ingin awet muda, maka rajinlah mendonorkan darah anda karena dengan mengikuti siklus tiga bulanan itu maka akan menghasilkan darah baru," katanya.

Deng Ical sapaan akrab Syamsu Rizal menyebutkan dengan mendonorkan darah memberikan manfaat bagi pendonor seperti menurunkan berat badan, mencegah stroke, memperbaharui sel darah, menurunkan kolesterol dan melindungi jantung.

"Secara tidak langsung akan membuat tubuh lebih sehat dari sebelumnya," jelasnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement