Kamis 26 Oct 2017 18:23 WIB

Polisi Telusuri Hilangnya Mahasiswi UI

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Endro Yuwanto
Ilustrasi seorang gadis menghilang
Ilustrasi seorang gadis menghilang

REPUBLIKA.CO.ID,  DEPOK -- Aparat kepolisian dari Satreskrim Polresta Depok sedang menelusuri hilangnya seorang mahasiswi Universitas Indonesia (UI), Lutviah Sari (Vivi).

"Kami sedang melakukan penyelidikan dengan melakukan penyisiran dan pengecekan ke kampus dan tempat kos Vivi guna mengumpulkan petunjuk, bahan informasi, dan keterangan," ujar Kasat Reskrim Polresta Depok Kompol Putu Kholis Aryana di Mapolresta Depok, Kamis (26/10).

Vivi yang merupakan mahasiswi UI Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) angkatan 2016 itu dikabarkan hilang secara misterius sejak 2 Oktober 2017. "Tindakan selanjutnya, kami akan melakukan pemanggilan saksi-saksi. Informasi yang berhasil didapatkan sebagai bahan penyelidikan, Vivi diketahui sudah tidak kuliah sejak akhir September 2017," ungkap Putu.

Putu menjelaskan, berdasarkan keterangan saksi, Suyitno, yang merupakan pengurus Asrama Putri UI, Vivi pernah tinggal di asrama kamar No C250 sejak Juli 2016 dan berakhir pada Juli 2017. "Vivi ternyata mempunyai tunggakan uang sewa asrama pada Desember 2016 hingga Juli 2017. Sewa asrama per bulannya sebesar Rp 300," jelas dia.

Setelah itu, saksi Suyitno mengatakan, tidak ada kabar lagi hingga Vivi pergi keluar asrama. Kini, kamar yang digunakan Vivi sudah diisi oleh mahasiswa lain. "Hasil penelusuran penyidik di kampus FKM, menurut pegawai bagian kemahasiswaan Ninis bahwa korban merupakan mahasiswi yang aktif di BEM sebagai bendahara P&K," kata Putu.

Menurut Putu, informasi yang diperoleh, pada September 2017 Vivi mengambil uang Rp 5,1 juta untuk biaya kegiatan FKM. Uang Rp 400 ribu telah dipakai konsumsi, sedangkan sisanya Rp 4,7 juta seharusnya untuk membeli 70 buah USB namun tidak dibelikan. Setelah coba dihubungi untuk meminta mengembalikan uang sisa, tidak ada jawaban dari Vivi.

Vivi merupakan salah satu dari mahasiswi yang masuk UI melalui penerimaan program beasiswa Bidik Misi UI. Ia juga terdaftar sebagai anggota paguyuban Madura. "Hingga saat ini, kami masih juga belum mengetahui informasi keberadaan korban. Kami masih berusaha terus mengungkap keberadaan Vivi," jelas Putu.

Vivi terakhir kali terlihat di sekitar area Kukusan Teknik UI atau yang biasa disebut Kutek UI pada Senin 2 Oktober 2017. Setelah itu Vivi menghilang dan tidak bisa dihubungi sama sekali.

Staf Humas UI Milda membenarkan Vivi merupakan mahasiswi UI Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat angkatan 2016. "Kami bersama keluarganya sudah laporkan dan serahkan proses pencarian Vivi ke Polresta Depok," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement