Rabu 11 Oct 2017 20:09 WIB

Museum Batak Toba Diresmikan di Hari Museum Nasional

Museum Batak Toba
Foto: Istimewa
Museum Batak Toba

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Museum Pusata Batak Toba dan Pusat Studi Budaya Batak akan diresmikan oleh Pemerintah Kabupaten Samosir, Sumatra Utara. Peresmian museum ini bertepatan dengan Hari Museum Nasional Tahun 2017 yang jatuh setiap 12 Oktober.

"Dengan berdirinya museum yang telah berbadan hukum ini, diharapkan mendukung upaya pemerintah daerah untuk menjadikan kawasan Danau Toba menjadi daerah tujuan wisata," kata BD Simanjorang, pengurus  Yayasan Museum Pusaka Batak Toba dan Pusat Studi Budaya Batak, melalui siaran persnya yang diterima Republika.co.id, Rabu (11/10).

Menurut Simanjorang, latar belakang pendirian museum ini bermula sejak awal 90-an lalu. Di mana, Samosir adalah wilayah asal muasal orang batak yang mempunyai budaya yang kaya.

Namun, seiring  perkembangan zaman, budaya Batak mulai terkikis dan hampir punah. Berwal dari keprihatinan inilah ada seorang cendekiawan dari Belanda yang mengumpulkan barang-barang pusaka yang masih bisa diselamatkan. Kemudian, barang-barang bernilai sejarah itu dipelihara yang dikelola Yayasan Museum Pusaka Batak Toba dan Pusat Studi Budaya Batak sejak 27 Juni 1997.

Adapun barang-barang koleksi museum yang bisa dilihat adalah  gambar-gambar besar tentang kehidupan orang batak. ALat-alat rumah tangga, alat musik, alat tenun, alat perang, dan alat lainnya. 

Sebagai tindak lanjut dari UU Nomor 11 Tahun 2010 tentang cagar budaya dan PP Nomor 66 Tahun 2015 tentang museum, museum ini telah memperoleh Pengesahan Badan Hukum sesuai Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia  RI Nomor : AHU.0008909.AH.01.04 Tahun 2017 tanggal 24 Mei 2017.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement