Selasa 10 Oct 2017 12:27 WIB

Penumpang Minta Jadwal KRL Jakarta-Cikarang Diperbanyak

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Bilal Ramadhan
 Kereta KRL Commuter Line tujuan Bekasi-Cikarang melintas di Stasiun Cikarang, Jawa Barat, Senin (9/10).
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Kereta KRL Commuter Line tujuan Bekasi-Cikarang melintas di Stasiun Cikarang, Jawa Barat, Senin (9/10).

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- KRL Jakarta Kota-Cikarang telah diresmikan, disusul dengan deretan stasiun-stasiun baru yang mulai beroperasi. Antusias warga menyambut KRL rute baru tersebut juga meningkat sejak diresmikan pada Ahad (8/10) lalu.

Haryadi beserta istri sengaja datang ke Stasiun Bekasi Timur untuk menjajal KRL hingga Cikarang, walaupun sejatinya, tujuan Haryadi adalah Stasiun Tanjung Barat. Dia mengaku sengaja menuju Cikarang agar dapat duduk santai hingga Manggarai.

"Supaya bisa duduk, kalau langsung penuh sekali penumpangnya jadi sekalian saja coba KRL Cikarang," kata Haryadi saat ditemui Republika, Selasa (10/10).

Dia mengatakan, ini kali pertama dia menggunakan KRL rute Bekasi-Cikarang. Menurut dia, penumpang di stasiun yang pertama kali dibangun pada Februari 2015 lalu ini lebih banyak dibandingkan saat pertama kali beroperasi.

Meskipun begitu, Haryadi menyayangkan lambatnya jadwal keberangkatan dan kedatangan KRL di Stasiun Bekasi Timur, mengingat KRL hanya datang satu jam sekali. Haryadi berharap, jumlah KRL Jakarta Kota-Cikarang dapat diperbanyak agar jadwal kedatangan dapat lebih cepat.

"KRL nya lama, kita sudah tunggu satu jam lebih. Seharusnya KRL sampai pukul 09.10 WIB, tapi sudah pukul 09.30 WIB belum juga muncul," kata dia.

Tanggapan yang sama juga diungkapkan Santi, karyawati yang bekerja di daerah Cikarang tersebut mengaku telah memanfaatkan KRL sebagai transportasi sehari-hari sejak diresmikan pada Ahad (8/10) lalu. Meskipun waktu tempuh KRL lebih cepat dibandingkan angkutan umum Bekasi-Cikarang yang biasa Santi gunakan, namun dia mengaku jenuh karena lamanya jadwal kedatangan KRL.

"Lama, karena jadwalnya satu jam sekali, lalu sering tidak sesuai jadwal juga. Jadi sering terlambat," kata dia.

Menurut pantauan Republika yang juga mencoba KRL Bekasi Timur-Cikarang, perjalanan antara satu stasiun menuju stasiun lain menghabiskan waktu sekitar enam hingga sepuluh menit. KRL Jakarta Kota-Cikarang yang seharusnya tiba di Stasiun Bekasi Timur pukul 09.10 WIB, namun molor sekitar 20 menit.

KRL tiba di Stasiun Tambun pada pukul 09.40 WIB atau menghabiskan waktu tujuh menit dari stasiun sebelumnya. KRL mulai melaju kembali, dan tiba di Stasiun Cibitung pukul 09.46 WIB atau menghabiskan waktu enam menit dari stasiun Tambun. KRL tiba di Stasiun terakhir tepat pukul 09.56 WIB dan memakan waktu sepuluh menit dari Stasiun Cibitung, atau menghabiskan waktu sekitar 23 menit dari Stasiun Bekasi Timur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement