Rabu 04 Oct 2017 18:46 WIB

Oded: Tilang CCTV Bisa Tingkatkan Kesadaran Hukum Masyarakat

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Bilal Ramadhan
Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial
Foto: Republika/Edi Yusuf
Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial mendukung tilang cctv yang mulai diberlakukan di Kota Bandung. Oded berharap melalui inovasi ini kesadaran masyarakat dalam menaati aturan lalu lintas semakin tinggi.

"Pemerintah kota selalu berusaha menghadirkan kenyamanan ketertiban dan kesadaran hukum makanya dengan adanya program tilang melalui cctv kita berharap kesadaran masyarakat semakin tinggi," kata Oded di Balai Kota Bandung, Rabu (4/10).

Menurut Oded, dengan makin sadar dalam berlalu lintas, maka kesadaran akan aturan lainnya pun akan tercipta. Sehingga Kota Bandung bisa jauh lebih tertib dan nyaman di segala aspek. Ia pun menilai konsep tilang cctv sebagai inovasi teknologi yang bagus.

Sehingga masyarakat bisa jera dan patuh berlalu lintas bukan hanya saat ada polisi, tapi dimana-mana karena pemantauan dilakukan melalui kamera pengawas yang diletakkan di banyak titik.

"Untuk membangun suatu ketertiban di suatu kota kita tidak bisa dilakukan dengan konsep parsial programnya harus universal dan integral juga sentuh saya mendukung penegakan ketertiban dengan menggunakan teknologi," tuturnya.

Konsep pengawasan secara teknologi juga dikatakannya tetap harus dikombinasikan dengan pengawasan secara konvensional. Dengan melibatkan aparat secara langsung di lapangan. Apalagi jumlah masih belum menyeluruh.

"Saya kira ke depannya tidak akan ada lagi titik-titik kerawanan yang akan lepas dari pengawasan pemerintah," ujarnya. Ia pun berharap ke depannya cctv bisa diperbanyak, terutama di tiap persimpangan. Sehingga program ini bisa berjalan dengan optimal dan sempurna.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement