Senin 02 Oct 2017 09:39 WIB

Pakde Karwo: Pancasila Harus Menjadi Panduan Hidup

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Bayu Hermawan
Gubernur Jawa Timur Soekarwo yang akrab dipanggil Pakde Karwo.
Foto: seputarmanusia.wordpress.com
Gubernur Jawa Timur Soekarwo yang akrab dipanggil Pakde Karwo.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengingatkan agar pancasila menjadi sebuah ideologi yang bekerja dan menjadi panduan dalam kehidupan sehari-hari. Pria yang akrab disapa Pakde Karwo itu berharap, sila-sila pada Pancasila, terutama keadilan bagi masyarakat bisa terlaksana di Jawa Timur.

"Pancasila harus menjadi working ideology yakni sebuah ideologi yang bekerja dan menjadi panduan dalam kehidupan masyarakat sehari-hari," kata Pakde Karwo di Surabaya, Senin (2/10).

Pakde Karwo kemudian mencontohkan pengejawantahan konsep working ideology di Jatim dalam upaya mengembalikan konsep keadilan bagi masyarakat. Salah satunya dengan membantu masyarakat kecil dan memfasilitasi suku bunga murah bagi kalanga  menengah.

"Inilah bentuk working ideology bagaimana keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia terwujud," ujarnya.

Pakde Karwo juga menggarisbawahi isu paling krusial tentang Pancasila saat ini. Menurutnya, problem yang dihadapi bangsa saat ini bukan kuat atau lemahnya Pancasila, tetapi bagaimana mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti dalam upaya mencapai keadilan harus dilakukan dengan pengambilan keputusan melalui musyawarah mufakat, mengamalkan nilai-nilai persatuan, serta pandangan yang lebih humanis.

"Kemudian meletakkan kemanusiaan dalam bagian penting karena kausa primanya adalah sila pertama yakni Ketuhanan Yang Maha Esa," ucap Pakde Karwo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement