Jumat 29 Sep 2017 15:44 WIB

Hujan Deras Akibatkan Longsor di Tiga Titik Wilayah Sukabumi

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Andri Saubani
Longsor (Ilustrasi)
Foto: Antara/Fikri Yusuf
Longsor (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Bencana longsor terjadi di tiga titik wilayah di Kabupaten Sukabumi. Peristiwa ini terjadi karena derasnya hujan yang mengguyur wilayah Sukabumi dalam beberapa hari terakhir.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi menyebutkan, bencana longsor tersebut terjadi di Kecamatan Kabandungan, Kalapanunggal, dan Tegalbuleud. Kasus longsor tersebut terjadi pada Rabu (27/9) dan Kamis (28/9).

"Longsor di Kecamatan Kabandungan menimpa jalan desa sepanjang 25 meter," terang Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten Sukabumi Yana Rusyana kepada wartawan Jumat (29/9). Bencana tersebut terjadi pada Rabu sekitar pukul 08.00 WIB.

Lokasi longsor terang Yana, tepatnya terjadi di Kampung Cisasah RT 02 RW 08 Desa Tugubandung. Jalan yang terkena longsor ini berada di lintasan Jalan Cisasah-Walang Sari Kalapanunggal.

Kejadian longsor kedua ujar Yana terjadi di Kampung Cigoong RT 14 RW 05, Desa Pulosari, Kecamatan. Kalapanunggal pada Rabu sekitar pukul 13.15 WIB. Longsor tersebut menerjang tebing penahan tanah (TPT) dengan panjang 5 meter dan lebar 8 meter. Selain menimpa TPT kata dia longsor juga mengancam satu unit rumah milik warga atas nama Aca.

Terakhir ungkap Yana, longsor terjadi pada Kamis di  jalan perumahan Cipalabuhan RT 25 RW  06, Desa Buniasih,  Kecamatan Tegalbuleud, Bencana longsor terang dia menimpa satu unit rumah panggung milik Suryana.

Rumah tersebut, kata Yana, ditempati oleh satu kepala keluarga (KK) yang terdiri atas empat jiwa. Kerugian akibat bencana sambung dia diperkirakan mencapai sekitar Rp 15.320.000.

Menurut Yana, ketiga bencana ini terjadi akibat derasnya hujan mengguyur wilayah Sukabumi dalam beberapa hari terakhir. Sehingga ke depan lanjut dia warga yang tinggal di kawasan yang rawan bencana diminta meningkatkan kewaspadaan menghadapi bencana.

Selan longsor, bencana banjir bandang juga melanda kawasan di selatan Kabupaten Sukabumi pada Rabu (27/9) lalu. BPBD Kabupaten Sukabumi menyebutkan, bencana banjir tepatnya terjadi di Kampung Cidadap, Desa Buniasih, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi. Saat ini dilaporkan ketinggian banjir di tempat tersebut mulai surut.

Banjir hanya merendam sawah dan jalan, terang Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sukabumi Maman Suherman. Ia mengatakan tidak ada perumahan warga yang terendam maupun terancam terendam banjir.

Menurut dia, banjir bandang terjadi karena derasnya hujan yang melanda kawasan tersebut pada Rabu. Akibatnya, air sungai meluap dan menimpa jalanan dan lahan pertanian.

Untuk mengantisipasi banjir susulan kata Maman, BPBD telah menyiagakan sebanyak dua unit perahu karet. Selain itu, kata dia, di lokasi itu pula terdapat rakit buatan dari Koramil Tegalbuleud untuk membantu warga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement