Sabtu 16 Sep 2017 13:38 WIB

Aher Buka Festival Keraton Nusantara XI dengan Menabuh Bedug

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Andi Nur Aminah
Kirab dalam rangka Festival Keraton Nusantara XI
Foto: Lilis Sri Handayani
Kirab dalam rangka Festival Keraton Nusantara XI

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan, membuka secara resmi Festival Keraton Nusantara  (FKN) XI di Alun-alun Keraton Kasepuhan Kota Cirebon, Sabtu (16/9). Acara yang dihadiri raja dan sultan dari seluruh Nusantara itu diharapkan semakin memperkokoh silaturahim dan persatuan kesatuan bangsa. "Bismillahirahmanirrahim FKN XI saya nyatakan resmi dibuka," ujar gubernur yang akrab disapa Aher itu.

Aher pun menabuh bedug bersama dengan Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan, PRA Arief Natadiningrat dan Wali Kota Cirebon, Nasrudin Azis. Aher mengucapkan selamat datang kepada para raja/sultan dan ratu se-Nusantara. Dia menyatakan, pemerintah dan masyarakat Jabar merasa bangga Kota Cirebon dipilih menjadi tuan rumah FKN XI.

Aher berharap, kegiatan itu memiliki makna mendalam untuk lebih memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. Dia menyatakan, wajah para raja dan ratu se-Nusantara meenunjukkan wajah yang menggambarkan kebhinekaan Indonesia.  Secara kesejarahan, lanjut Aher, para raja dan keraton se-Nusantara merupakan embrio lahirnya negara Republik Indonesia. Karena itu, dia mengajak seluruh masyarakat untuk menjadikan para raja di Nusantara sebagai sesepuh dan simbol untuk menjaga keanekaragaman Nusantara.

Aher menambahkan, Indonesia merupakan negara dengan kepulauan terbanyak di dunia, yaitu sebanyak 17 ribu pulau. Dengan pulau yang mencapai 17 ribu itu, maka dipastikan Indonesia memiliki keragaman dan kebhinekaan. "Tapi para pendiri bangsa mampu menghadirkan persatuan dan kesatuan bangsa," tegas Aher.

Aher berharap, semua pihak untuk berkomitmen menjaga keberagaman budaya dan kebhinekaan yang ditampilkan para raja dan ratu se-Nusantara. Dia menyatakan, keberagaman dan kebhinekaan merupakan fitrah dan bukan merupakan masalah serta konflik. "Meski berbhineka, kita junjung NKRI harga mati," tegas Aher.

Dalam kesempatan itu, Aher juga mengajak para raja dan ratu se-Nusantara untuk mengunjungi daerah lainnya di Jabar. Dia menyatakan, Jabar sangat indah alamnya dan warganya pun ramah serta murah senyum.

Sementara itu, Sultan Sepuh XIV, PRA Arief Natadiningrat, mengucapkan terima kasih kepada seluruh tamu yang telah hadir dalam ajang FKN XI. Dia menyatakan, FKN merupakan forum silaturahmi dan forum persatuan dan kesatuan bangsa.  "Juga menjadi forum melestarikan seni budaya adat bangsa dan memajukan kebudayaan nasional," kata Sultan Sepuh.

Sultan Sepuh menambahkan, FKN juga menjadi upaya dalam memajukan pariwisata di daerah dan Indonesia. Dia berharap, FKN bisa meningkatkan  kunjungan wisatawan sesuai target pemerintah pada 2019 sebanyak 20 juta orang.

Sementara itu, dalam acara pembukaan FKN XI, dilakukan ikrar pembacaan Pancasila yang diikuti seluruh peserta dan tamu yang hadir. Acara itu juga menyuguhkan pagelaran seni kolosal dan pelepasan Kirab Agung prajurit keraton se-Nusantara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement