Kamis 14 Sep 2017 10:39 WIB

Bupati Sumedang Bantu Pasok Air Bersih

Bupati Sumedang Bantu Pasok Air Bersih
Bupati Sumedang Bantu Pasok Air Bersih

REPUBLIKA.CO.ID,SUMEDANG--Bupati Sumedang H. Eka Setiawan berikan bantuan berupa air bersih kepada warga RT. 04 RW. 02 Dusun Sembir Desa Gunasari Kecamatan Sumedang Selatan, Rabu (13/9). Bantuan air bersih tersebut diberikan dikarenakan dusun sembir menjadi salah satu daerah paling terdampak kekeringan yang saat ini melanda sebagian besar wilayah Kabupaten Sumedang.

Dalam siaran pers yang diterima Republika, Kamis (14/9), disebutkan Bupati Eka didampingi Kepala BPBD Ayi Rusmana, Camat Sumedang Selatan Heri Dewantara, Forum Koordinasi Pimpinan kecamatan Sumedang selatan, serta Kepala Desa Gunasari Dadang Subarna beserta jajaran. Kepala Desa Gunasari Dadang Subarnas menuturkan saat ini warga sembir khususnya di lingkungan RT 1, 3 dan 4 kesulitan untuk mendapatkan pasokan air bersih. Untuk mencukupi kebutuhan air, warga sementara menggunakan aliran sungai Cihonje dengan membuat kubangan atau “gogowokan” di pinggir kali yang kedalamanya kurang lebih 3 meter.

Dadang menambahkan di wilayahnya khususnya di dusun sembir dan dusun Cihonje rutin mendapat bantuan dari pemerintah kabupaten Sumedang “saya ajukan ke BPBD, alhamdulilah tiap ada kemarau panjang kami pasti mendapat bantuan dari Pemerintah Kabupaten Sumedang kurang lebih 10 sampai 20 tangki. Untuk itu, Saya atas nama warga sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Bupati Sumedang yang telah sigap membantu kebutuhan air bersih warga Dusun Sembir Desa gunasari.

Sementara itu, Bupati Sumedang H. Eka Setiawan mengatakan bantuan air bersih ini merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah terhadap masyarakat. Terlebih warga dusun sembir sangat membutuhkan air bersih. Diharapkan bupati, dengan adanya bantuan tersebut, mampu meringankan warga setempat untuk memenuhi kebutuhan air selama beberapa hari ke depan. Diakui Bupati, berdasarkan laporan yang diterimanya di kabupaten Sumedang masih terdapat beberapa beberapa wilayah yang mengalami rawan air bersih saat menghadapi musim kemarau. ''Kurang lebih ada 12 kecamatan dan 33 desa yang mengalami kerawan air tidak terkecuali di dusun sembir Desa Gunasari. Oleh karena itu, jajaran pemerintah Kabupaten Sumedang berupaya ikut meringankan kesulitan yang dirasakan masyarakat dengan memberikan pasokan air bersih kepada warga yang mengalami kekurangan air akibat musim kemarau,'' tandasnya.

Terkait dengan usulan masyarakat mengenai mengenai penyediaan air bersih, Bupati berjanji pihaknya akan segera mengatasi permasalahan tersebut. ''Ada beberapa alternatif yang akan dilakukan diantaranya melalui dengan pengelolaan mata air yang ada di daerah setempat dan membuat sumur artesis. Dari sisi pasokan air, Sumedang sebetulnya tidak terlalu parah jika dibandingkan daerah-daerah lain. Sumedang masih relatif hijau dan masih banyak hutan tetapi memang masih ada beberapa titik yang mengalami kekeringan. Untuk itu, kepada PDAM saya minta untuk terus memasok wilayah yang kekurangan pasokan air,''ungkap Bupati.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement