Senin 11 Sep 2017 23:34 WIB

Aroma Makanan Indonesia di Festival Kuliner Slovakia

Ilustrasi.
Foto: Antara/Ismar Patrizki
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aroma masakan Indonesia tercium harum pada Festival Dobrej Chuti A Vina (Food and Wine Festival) yang diselenggarakan di Kota Presov, sekitar 405 kilometer dari Bratislava, Slowakia dan banyak pengunjung mencicipi serta menikmati makanan khas Indonesia.

Keterangan yang diperoleh Antara di Jakarta, Senin menyebutkan, KBRI Bratislava diundang wali kota Presov untuk meramaikan pesta kuliner internasional pada 7-9 September. Mesir, Portugal, Italia dan Spanyol juga turut diundang.

Duta Besar RI untuk Slowakia, Adiyatwidi Adiwoso dengan dipandu oleh presentasi gastronomi kondang dari Slowakia, Justin Topolsky memperkenalkan nasi goreng, sate, rendang dan ayam goreng. Bersama dengan chef restoran Indonesia yang memiliki restoran Yusuf Kitchen di kota Povazska Bystrica, cara memasak nasi goreng diperagakan dan kemudian dibagikan kepada para pengunjung.

Apresiasi yang positif diberikan oleh pengunjung, penyelenggara dan Wakil Wali Kota Presov, Tefan Ku'ma bersama istri yang mencicipi makanan Indonesia dan menyatakan kekagumannya atas cita rasa masakan Indonesia yang kaya bumbu, khususnya rendang.

Pendapat senada juga disampaikan oleh Ketua Penyelenggara Festival, Jozef Chomani bahwa demo memasak yang dibawakan oleh KBRI Bratislava merupakan demo yang paling ramai mendapatkan perhatian dari pengunjung.

Pada saat Indonesia mendapatkan giliran demo masak, warga Presov segera memadati area sekitar panggung. Pengunjung dibuat penasaran dengan wangi aroma bumbu khas masakan Indonesia.

Dengan diiringi alunan gamelan, para pengunjung semakin tertarik dengan kelihaian juru masak yang memasak makanan Indonesia.

Dubes Adiyatwidi menyampaikan bahwa Indonesia terkenal juga sebagai "Island of Spices." Makanan Indonesia selalu sarat dengan bumbu-bumbu yang tidak hanya melezatkan rasa masakan, tapi juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Ditambahkan, melalui makanan, jarak antara dua negara yang sangat jauh akan terasa lebih dekat. Hal ini yang selalu menjadi tujuan KBRI Bratislava untuk mengadakan promosi kuliner di Slowakia. Dengan makanan, hubungan antarindividu dapat meningkat dan pada akhirnya meningkatkan kerja sama kedua negara.

Festival Dobrej Chuti A Vina merupakan salah satu festival kuliner terbesar di Slowakia yang digelar selama tiga hari berturut-turut. Festival ini merupakan acara tahunan ketika saat musim panen anggur.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement