Senin 11 Sep 2017 16:13 WIB

Pemerintah Desa di NTB Diimbau Buat Kampung KB

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Gita Amanda
Keluarga Berencana. Ilustrasi
Foto: .
Keluarga Berencana. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengimbau pemerintah desa yang ada di seluruh kabupaten di NTB mendirikan Kampung Keluarga Berencana (KB).

Kepala Bidang Advokasi, Pergerakan dan Informasi BKKBN NTB Setia Budi Irianto menyampaikan, keberadaan Kampung KB  berdasarkan program nawacita Presiden Joko Widodo (Jokowi). Harapannya, Kampung KB dapat meningkatkan dan menyelamatkan masyarakat Indonesia khususnya dalam rangka mendukung keluarga kecil, bahagia, dan sejahtera sekaligus menekan angka kematian terhadap ibu dan balita. Pada 2016 lalu, jumlah Kampung KB di NTB tercatat sebanyak 26 kampung.

"Pada 2017, kami mengharapkan agar seluruh kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Bima untuk membuat dan membangun kampung KB sehingga dengan adanya kampung KB ini dalam rangka mensukseskan program KB," ujar Setia saat meresmikan Kampung KB di Dusun Nggaroo O''o, Desa Dore, Kecamatan Palibelo, Kabupaten Bima, NTB, Senin (11/9).

BKKBN NTB sendiri mencanangkan adanya Kampung KB sebanyak 1.220 desa di NTB. Setia mengimbau pemerintah desa untuk mengalokasikan dana desa untuk keberadaan Kampung KB.

Bupati Bima Indah Dhamayanti Putri menyambut positif kehadiran Kampung KB di wilayahnya. Indah menilai, keberhasilan program KB harus dilakukan oleh sejumlah elemen, tak hanya dari BKKBN.

"Keberadaan Kampung KB di Desa Dore sangat diperlukan mengingat keberhasilan KB akan sangat membantu dalam meningkatkan kualitas hidup manusia dan dapat menyejahterakan keluarga," ujar Indah. 

Indah berharap keberadaan Kampung KB ini dapat menjadi contoh bagi pemerintah desa lainya dalam menyukseskan Program KB di Bima, sekaligus memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk memperoleh pelayanan total program KB sehingga dapat mewujudkan keluarga yang berkualitas.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Bima, Aris Gunawan mengatakan hingga saat ini sudah ada dua kampung KB di Kabupaten Bima, yakni di Dusun Jalan, Desa Nggembe, Kecamatan Bolo yang telah dicanangkan pada 2016 dan Desa Dore yang baru-baru ini diresmikan.

"Kampung KB ini diharapkan kepada seluruh OPD dan stakeholder dapat mendukung demi mendukung program Keluarga Kecil bahagia dan Sejahtera di Kabupaten Bima," kata Aris. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement