Senin 11 Sep 2017 03:20 WIB

PDIP Segera Umumkan Nama-Nama Calon Kepala Daerah di Jatim

Rep: Wilda fizriyani/ Red: Bayu Hermawan
Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto
Foto: istimewa
Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) segera mengumumkan nama-nama calon kepala daerah yang akan diusung di Pilkada serentak 2018 di Jawa Timur, mulai dari calon gubernur, bupati, wali kota maupun wakilnya. Setelah melakukan konsolidasi, DPP PDIP rencananya akan kembali mengadakan rapat internal pada Kamis (14/9) mendatang.

"Seluruh bakal calon yang daftar statusnya masih sama, belum tetapkan dan akan ditetapkan dalam waktu enggak lama lagi. Ibu Ketua Umum PDIP (Megawati Soekarnoputri) akan mengunjungi Surabaya besok (Senin) bersama Ibu Risma (Wali Kota Surabaya), termasuk konsolidasi dilakukan juga," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP, Hasto Kristiyanto di Hotel Ijen Suites Kota Malang, Jatim, Ahad (10/9).

Meski belum mengumumkannya, Hasto memastikan, nama para calon sudah mulai mengerucut. Seluruhnya hanya tinggal melakukan pengambilan keputusan, termasuk arahan dari para pengurus DPP PDIP. Dari sejumlah calon, Hasto tidak menampik nama yang sering beredar dan acap disebut publik telah semakin menguat keberadaannya.

Menurut Hasto, para calon kepala daerah bisa saja hasil kombinasi antara PDIP dengan partai lain. Kepala daerah yang berhasil didaerahnya juga berpeluang untuk dicalonkan kembali. Kemudian nama Ketua DPDPDIP Jatim juga kemungkinan besar memiliki peluang yang sama dalam hal ini.

"Kalau untuk yang kombinasi, kita selalu pastikan ada yangdari internal kita dahulu, baru kemudian bisa tokoh, partai lain maupun kader representasi dari Nahdlatul Ulama (NU)," tegasnya.

Hingga saat ini, Hasto menyatakan, pihaknya masih akan menggodok nama para calon kepala daerah. Dalam hal ini termasuk isu kemungkinan pencalonan kembali wali kota Blitar, wali kota Surabaya, Ketua DPD PDIP Jatim dans ebagainya. Hasto menyatakan, pada September ini akan segera mengumumkan namapara calon kepala daerah di Jatim bersamaan dengan provinsi lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement