Jumat 08 Sep 2017 20:41 WIB

AAI Prihatin Penangkapan Hakim Pengadilan Tipikor

Ditangkap (ilustrasi).
Ditangkap (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Asosiasi Advokat Indonesia (AAI), Muhammad Ismak merasa prihatin dengan penangkapan hakim Pengadilan Tipikor Bengkulu, Dewi Suryana oleh KPK akibat dugaan mempermainkan suap perkara. Ismak menilai, apabila penegak hukum, apalagi hakim yang menangani perkara korupsi sudah terlibat praktik korupsi dalam menjalankan tugasnya, maka hukum di Indonesia saat ini sudah kacau.

"AAI sangat prihatin, kalau pola penegakan hukum seperti ini dibiarkan maka mau dibawa ke mana penegakan hukum di republik ini. Penegakan hukum di Indonesia saat ini sudah kacau," kata Ismak dalam keterangannya, Jumat (8/9).

Karena itu, Ismak berharap, agar seluruh penegak hukum untuk duduk bersama membahas permasalahan ini lebih lanjut. Sehingga, masyarakat bisa lebih percaya terhadap aparat penegak hukum yang saat ini kerap memberikan kesan negatif hingga menimbulkan ketidakpercayaan publik dalam menjalankan tugasnya.

"Kalau seperti ini terus tidak akan pernah maju bangsa ini. Kita harus duduk bersama antara semua organisasi advokat, hakim, jaksa, dan polisi untuk membahas apa yang bisa kita sumbangkan yang terbaik untuk bangsa ini," ujar Ismak,.

AAI juga meminta kepada seluruh pihak terutama Komisi III DPR yang membidangi masalah hukum, untuk terus memberikan kepercayaan kepada KPK dalam menjalankan tugasnya. Sebab, selama ini KPK telah memberikan prestasinya dalam penegakan hukum di Indonesia terutama terkait masalah korupsi di Indonesia.

"Kita harus jujur sama diri kita sendiri, Jangan cuma dilihat dari setitik kesalahan kemudian dijadikan sebagai bahan olok-olok untuk menghabisi KPK. KPK ini selama kiprahnya sudah banyak memberikan prestasinya untuk bangsa ini," kata Ismak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement