Rabu 06 Sep 2017 14:55 WIB

Pramuka Ajak Masyarakat Bantu Pengungsi Rohingya

Rep: Ali Yusuf/ Red: Endro Yuwanto
Pramuka
Foto: Antara
Pramuka

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka kembali melakukan aksi kemanusiaan untuk membantu pengungsi Rohingya di Rakhine State, Myanmar. Kali ini Pramuka menggelar aksi Bumbung Kemanusiaan. Aksi bumbung ini merupakan cara unik Pramuka menggalang dana kepedulian untuk sebuah tujuan tertentu.

"Dahulu, aksi ini biasanya menggunakan media bambu untuk menampung dana yang dikumpulkan. Sekarang cukup mengirim ke rekening Pramuka Peduli," kata S Budi Prayitno, Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Pembinaan Anggota Muda (Binamuda), dalam acara konferensi pers di Kwarnas Gerakan Pramuka, Rabu (6/9).

Budi mengatakan, setiap anggota Pramuka dituntut untuk memiliki rasa kepedulian. Aksi menggelar Bumbung Kemanusiaan merupakan salah satu cara anggota Pramuka mengamalkan Dasa Darma Pramuka, yaitu cinta alam dan kasih sayang sesama manusia. "Hasilnya nanti disalurkan untuk membantu pengungsi Rohingya," ujar dia.

Melalui kesempatan ini, Budi mengajak seluruh anggota Pramuka dan masyarakat secara umum untuk tidak ragu-ragu dalam membantu pengungsi Rohingya lewat Bumbung Kemanusiaan.

Budi mengatakan, caranya mudah, masyarakat yang ingin memberikan sumbangan berapapun tinggal mengirimkan uangnya ke rekening Bank BNI 909010100 atas nama Pramuka Peduli. "Atau kumpulkan donasinya terlebih dahulu di masing-masing kwartir ranting, cabang daerah untuk kemudian dikirim ke rekening Pramuka Peduli. Setelah itu, konfirmasi ke tim Pramuka Peduli," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement