Senin 04 Sep 2017 16:23 WIB

Foto Sekda Bandung Barat Berbaju Banteng Muda Dipertanyakan

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Teguh Firmansyah
Banteng Muda Indonesia.
Foto: Youtube
Banteng Muda Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, Daerah NGAMPRAH -- Foto Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bandung Barat,  Maman Sunjaya yang tengah menghadiri kegiatan organisasi berafiliasi dengan partai politik tertentu serta menggunakan atribut seragam beredar luas di grup media sosial. Kecaman dan kritik mengalir deras dari warga netizen mengingat yang bersangkutan merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Informasi yang dihimpun, organisasi sayap PDI Perjuangan tersebut adalah DPC Banteng Muda Indonesia (BMI) Kabupaten Bandung Barat. Hal tersebut berdasarkan dengan ketetapan DPP PDI Perjuangan No: 034/TAP/DPP/XII/2006.

Salah seorang netizen mempertanyakan kehadiran Sekda di acara tersebut. Sebab katanya ASN digaji oleh masyarakat dan bukan oleh partai. Selain itu, netizen lainnya mengatakan keberadaan Sekda KBB di acara organisasi sayap menegaskan jika yang bersangkutan sudah tidak netral lagi.

Saat dikonfirmasi, Bupati Bandung Barat, Abu Bakar membantah jika sekda menggunakan seragam PDI Perjuangan. Namun, katanya yang digunakan adalah seragam ormas Banteng Muda Indonesia (BMI). Di sisi lain, ia tidak membantah atau mengiyakan yang bersangkutan hadir di acara tersebut.

"Saya pikir harus dibedakan parpol dengan ormas," ujarnya di Komplek Pemkab Bandung Barat, Senin (4/9). Katanya, kehadiran sekda di acara BMI dianggap sah-sah saja sebab yang bersangkutan didorong untuk berkompetisi di internal PDI Perjuangan.

Menurutnya, jika terpilih sebagai calon bupati atau wakil bupati maka kehadirannya membuktikan mempunyai tekad dan semangat yang sama dengan partai. "Gak ada masalah, saya sebagai atasan  langsung mengapresiasi saja," ungkapnya.  Terkait netralitas ASN, dirinya menilai hal tersebut subjektif tergantung darimana memandang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement