Kamis 31 Aug 2017 11:02 WIB

Pertamina Tambah Pasokan Elpiji Subsidi di Sumbar

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Nur Aini
Tabung gas Elpiji ukuran tiga kilogram (ilustrasi).
Foto: sikat.or.id
Tabung gas Elpiji ukuran tiga kilogram (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- PT Pertamina (persero) menambah pasokan elpiji 3 kilogram di Sumatra Barat untuk mengantisipasi kelangkaan selama libur Idul Adha esok hari. Penambahan pasokan sudah dimulai pada Kamis (31/8) ini dengan jumlah tambahan pasokan sebanyak 13.400 tabung. Pasokan normal harian selama ini sebesar 25 ribu tabung elpiji.

Pernyataan Pertamina ini sekaligus menjawab keluhan yang masuk dari masyarakat Sumatra Barat tentang langkanya elpiji selama satu pekan belakangan. Officer Communication and Relations Sumbagut Herdiyanti Dwi Lestari menyebutkan, tambahan pasokan elpiji 3 kg juga akan dilakukan pada Hari-H Idul Adha sebanyak 25 ribu tabung. Sementara hari ketiga Lebaran Kurban pada Ahad (3/9) akan ditambah lagi pasokannya sebanyak 22 ribu tabung. Total, tambahan pasokan yang disalurkan Pertamina ke Sumatra Barat sebanyak 60.400 tabung elpiji 3 kg.

Khusus di Kota Padang, kata dia, Pertamina melayani kebutuhan elpiji melalui 23 agen dan 683 pangkalan sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) kota Padang yaitu Rp 17 ribu. Pertamina hanya menyalurkan elpiji 3 kg di outlet resmi yaitu Agen dan Pangkalan yang memasang plank HET.

"Pertamina akan terus melakukan koordinasi dengan dinas perdagangan setempat untuk memantau penyaluran elpiji 3 kg bersubsidi," kata Yanti, Kamis (31/8).

Sebagaimana diketahui bahwa elpiji 3 kg masih disubsidi dan ditentukan kuotanya oleh pemerintah serta peruntukkannya hanya bagi kalangan tidak mampu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement