Selasa 29 Aug 2017 18:41 WIB

Pemkot Harap Keraton Bentuk Badan Pengelolaan Dana Hibah

Rep: Andrian Saputra/ Red: Fernan Rahadi
Ilustrasi - KERATON SOLO.Sejumlah kendaraan melintas di depan Keraton Surakarta, Solo, Jumat (16/10).
Foto: Antarafoto
Ilustrasi - KERATON SOLO.Sejumlah kendaraan melintas di depan Keraton Surakarta, Solo, Jumat (16/10).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO --- Pemerintah Kota Solo siap mengucurkan dana untuk Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Dana sebesar Rp 300 juta yang berasal dari alokasi APBD Perubahan itu diperuntukan untuk operasional Keraton.

Kendati demikian, Sekretaris Daerah Kota Solo, Budi Yulistianto mengatakan dana tersebut akan dicairkan setelah Keraton membentuk bebadan khusus untuk mengelola dana tersebut. "Kami harap keraton segera membentuk bebadannya, dananya untuk operasional Rp 300 juta," tutur Budi di Balai Kota Solo, Selasa (29/8). 

Selain dana hibah dari Pemkot Solo, jelas Budi, Keraton juga akan akan mendapatkan dana hibah dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Dana tersebut, kata dia selain dapat digunakan untuk pengembangan keraton juga bisa digunakan untuk membayar gaji Abdi Dalem Keraton Kasuanan Surakarta Hadiningrat. 

Adik Pakubuwana XIII Hangabehi, Gusti Kanjeng Ratu Wandasari Koes Moertiyah mengaku tak tahu penyebab Keraton hingga saat ini belum membentuk badan tersebut. Menurutnya pembentukan bada tersebut merupakan kewenangan raja keraton yakni Pakubuwana. Dia mengatakan keluarga keraton telah memberikan masukan agar mempercepat pembentukan badan tersebut yang diisi Sentono Dalem Keraton. 

"Sentono Dalem Keraton sini sangat paham kondisi internalnya, tapi kami belum tahu kendalanya, semua (keputusan) di Sinuhun," tuturnya. 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement