Sabtu 26 Aug 2017 17:17 WIB

Hadiri Karnaval Merdeka, Jokowi Naik Kereta Pancasila

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Nidia Zuraya
Presiden Joko Widodo menaiki kendaraan hias 'Kareta Pancasila' dalam Karnaval Kemerdekaan, Sabtu (26/8). Kendaraan hias ini merupakan karya lima seniman asal jawa Barat.
Foto: Zuli Istiqomah/Republika
Presiden Joko Widodo menaiki kendaraan hias 'Kareta Pancasila' dalam Karnaval Kemerdekaan, Sabtu (26/8). Kendaraan hias ini merupakan karya lima seniman asal jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017 diselenggarakan sebagai puncak perayaan HUT RI ke-72. Perayaan ini dipusatkan di Kota Bandung, Sabtu (26/8).

Tanpa menyampaikan sambutan, Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo pun mengikuti karnaval dengan menaiki kendaraan 'Kereta Pancasila' berhiaskan kepala burung garuda. Bersama dengan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan rombongan pejabat, Jokowi memimpin peserta karnaval lainnya.

Dimulai dari halaman Gedung Sate, Jokowi dan rombongan menuju Taman Vanda di Jalan Merdeka. Di Taman Vanda, Presiden dan Ibu Negara menyaksikan penampilan ribuan peserta karnaval.

Tiba di Taman Vanda, Jokowi disambut warga yang antusias menyaksikan karnaval dan menunggu kehadirannya. "Pak Jokowi, Pak Jokowi," teriak warga.

Dengan gaya khasnya, Presiden menyempatkan menghampiri kerumunan warga dengan tersenyum dan bersalaman serta melambaikan tangan. Jokowi pun duduk di panggung menyaksikan aksi peserta karnaval.

Ribuan peserta tampil dengan kendaraan hias serta kostum unik yang menggambarkan keberagaman Indonesia. Di antaranya arak-arakan kendaraan hias dari berbagai daerah seperti Kabupaten Tomohon yang menampilkan kendaraan hias bertemakan kota bunga, aksi tabuh Rebana dari Pondok Pesantren Nurui iman yang dikolaborasikan dengan drum band, m Kuda Renggong Sumedang, Kesenian Gotong Garuda, Reog Ponorogo, dan aksi anggota TNI hingga para atlet. Ada pula pawai domba garut yang memeriahkan karnaval.

Jokowi pun melambaikan tangan dan tersenyum kepada peserta yang lewat di depan panggungnya. Sesekali ia juga mendekati peserta dari atas panggung.

Presiden dan Ibu negara tampil serasi dengan busana adat Sunda berwarna ungu. Mengenakan beskap dengan motif batik megamendung, Jokowi juga menggunakan iket kepala Makuta Sinatria. Sementara Ibu negara juga mengenakan kebaya berwarna ungu dan sendal Kelom Geulis dari pengrajin Tasikmalaya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement