Kamis 24 Aug 2017 19:18 WIB

Emil Terus Kebut Persiapan Karnaval Kemerdekaan

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Bilal Ramadhan
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil
Foto: Republika/Edi Yusuf
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Wali Kota Bandung M Ridwan Kamil mengaku tengah mengebut persiapan teknis kegiatan Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan yang akan digelar Sabtu (26/8). Ia optimis bisa menghadirkan kemeriahan pada acara tahunan itu.

"Per hari ini semua sudah bergerak mempersiapkan, sehingga kegiatan festival ini bisa berlangsung dengan ramai dan nyaman," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil usai Bandung Menjawab di Taman Sejarah Kota Bandung, Kamis (24/8).

Menurut Emil, seluruh persiapan dilakukan untuk menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara. Dipastikan, ribuan warga Bandung dan Jawa Barat akan memadati Bandung hari itu.

Presiden Jokowi sendiri, kata Emil, dijadwalkan akan turut berada di tengah-tengah masyarakat mengikuti karnaval. Panitia, telah menyiapkan kendaraan hias istimewa untuk presiden yang dirancang oleh lima seniman kelamaan Bandung.

"Ada 40 delegasi yang akan tampil. Termasuk Presiden akan mengendarai kendaraan khusus yang didesain oleh seniman Bandung sebagai pembuka dari karnaval," kata Emil.

Warga yang akan hadir, diimbau sudah berada di lokasi sejak pukul 07.00 untuk menghindari penumpukan massa. Karnaval dijadwalkan akan dimulai sekitar pukul 08.00 WIB. "Warga yang akan hadir diimbau untuk bisa menempatkan diri, tidak menumpuk di satu titik, tapi menyebar di rute-rute yang dilalui oleh karnaval," katanya.

Rute-rute tersebut antara lain mulai dari Gedung Sate, lanjut melalui Jalan Diponegoro, berbelok ke Jalan Ir. H. Juanda, Jalan Merdeka, Jalan Braga, Jalan Lembong, Jalan Tamblong, Jalan Asia Afrika. Iring-iringan karnaval berakhir di Alun-Alun Kota Bandung.

"Pak Presiden berhenti di taman Vanda, nanti di taman Vanda akan dipermak menjadi panggung," katanya.

Emil mengatakan, Kota Bandung menjadi lokasi ke tiga dalam perhelatan tahunan yang digelar pemerintah pusat. Sebelumnya, Karnaval Kemerdekaan ini sempat berlangsung di Pontianak pada 2015,  Danau Toba 2016, dan Kota Bandung, Jawa Barat tahun ini.

"Bandung merupakan kota kreatif. Masyarakatnya dinilai sangat siap sehingga dipilihlah Kota Bandung," kata Emil.

Dalam karnaval nanti, kata dia, Pemkot Bandung akan menyuguhkan kendaraan "Mahkota Tari Merak", tim kebersihan (Gober) yang membawa piala dan sapu raksasa. "Kegiatan inikan temanya Kerjasama. Sehingga, tim kebersihan ini akan terlibat dengan membawa sapu dan replika piala adipura raksasa," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement