Ahad 20 Aug 2017 17:25 WIB

Sekjen PDIP: Malaysia Harus Minta Maaf Secara Resmi

Bendera merah putih tampak dicetak terbalik di buku panduan SEA Games ke-29 di Malaysia.
Foto: Akun Instagram Imam Nahrawi
Bendera merah putih tampak dicetak terbalik di buku panduan SEA Games ke-29 di Malaysia.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristianto mengatakan bahwa pemerintah Malaysia harus meminta maaf secara resmi terkait dengan kasus bendera Indonesia di SEA Games.

Hasto mengatakan PDI Perjuangan sangat menyesalkan adanya bendera Indonesia yang terbalik. "Terlepas dari apapun, apakah kasus itu disengaja atau tidak, Pemerintah Malaysia harus meminta maaf secara resmi," kata Hasto kepada Republika.co.id, Ahad (20/8).

Permintaan maaf ini perlu dilakukan mengingat sebelumnya di Malaysia juga terjadi kasus penginjakan bendera Merah Putih. "Pemerintah Malaysia seharusnya tahu bahwa bendera adalah simbol negara yang dihormati dan dihargai bangsa Indonesia," kata Hasto.

Menteri Pemuda dan Olah Raga Malaysia Khairy Jamaluddin meminta maaf atas insiden bendera terbalik dalam buklet SEA Games 2017 di Kuala Lumpur. Menurutnya, kesalahan tersebut murni ketidaksengajaan.

"Bapak Imam (Nahrawi), tolong terima permintaan tulus saya. Tidak ada kedengkian. Saya sangat menyesal dengan kesalahan yang terjadi, saya minta maaf, " ujarnya lewat Twitter sebagai tanggapan atas pernyataan Menteri Pemuda dan Olah Raga, Imam Nahrawi, seperti diberitakan kantor berita, Bernama.

Dalam buklet SEA Games 2017, bendera Indonesia dicetak secara terbalik, yakni putih merah dari seharusnya merah putih. Sementara itu, Komite Penyelenggara SEA Games Malaysia (MASOC) dalam sebuah pernyataan, meminta maaf kepada rakyat Indonesia atas kesalahan yang tidak disengaja tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement