Ahad 20 Aug 2017 11:49 WIB

Nyanyikan Lagu Wali, Gubernur Sumbar Buka Lomba Pantun

Rep: Sapto Andika Candra / Red: Ratna Puspita
Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno menerima rekor Indonesia Dunia dari Museum Rekor Indonesia (MURI) atas 18 ribu pantun yang ia ciptakan, Ahad (20/8). Seluruh pantun yang ditulis dituangkan ke dalam 6 buah buku
Foto: Republika/Sapto Andika Chandra
Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno menerima rekor Indonesia Dunia dari Museum Rekor Indonesia (MURI) atas 18 ribu pantun yang ia ciptakan, Ahad (20/8). Seluruh pantun yang ditulis dituangkan ke dalam 6 buah buku "Pantun Spontan Ala Irwab Praytino".

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG — Final Festival Pantun ala Irwan Prayitno digelar di Pantai Muaro Lasak Padang, Ahad (20/8). Dari 871 peserta se-Sumatra Barat, akhirnya terpilih 50 siswa SMA/SLTA dan sederajat yang mengikuti sesi final pagi ini.

Uniknya, final festival pantun ini dibuka langsung dengan penampilan Ipe Band, sebuah grup band yang digawangi langsung oleh Guberbur Sumbar Irwan Prayitno. Irwan, yang selama ini kerap melontarkan pantun-pantun jenaka saat memberikan sambutannya, didapuk sebagai pemain drum dan vokalis dalam pembukaan festival pantun ini. 

Saat tampil sebagai vokalis, Irwan membawakan lagi Wali Band yang berjudul Tobat Maksiat. Penampilan Irwan disambut riuh tepuk tangan penonton yang memadati panggung Pantai Muaro Lasak. 

Selain menjadi juri dalam lomba pantun kali ini, Irwan juga akan menerima sertifikat rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai Kepala Daerah Pencipta Pantun Terbanyak dan menerima penyerahan sertifikat HAKI atas paten buku Pantun Spontan ala Irwan Prayitno.

Panitia dan sponsor menyediakan hadiah uang tunai dengan total Rp 35 juta dalam lomba pantun ini. Rinciannya, 5 terbaik I masing-masing mendapat Rp 3 juta, 5 terbaik ll mendapat Rp 2 juta, dan 10 terbaik III mendatap Rp 1 juta. Seluruh finalis difasilitasi akomodasi dan transportasi. 

"Finalis akan diminta membuat pantun spontan dan dibacakan dihadapan saya, Dewan Juri, dan segenap masyarakat yang hadir," ujar Irwan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement