Kamis 17 Aug 2017 07:30 WIB

Meriahkan Hari Kemerdekaan, PKB Movie Award Digelar

Rep: Erik P Putra/ Red: Agung Sasongko
Partai Kebangkitan Bangsa
Partai Kebangkitan Bangsa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) DPR akan menentukan jawara ajang PKB Movie Award 2017 pada Sabtu (19/8). Festival film pendek tersebut digelar dalam rangka meriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Republik Indonesi (RI).

Proses penjurian dilakukan oleh aktris kawakan Jajang C Noer dan sutradara Film Rako Prianto di ruang rapat Fraksi PKB DPR pada Rabu (16/8). Tim juri direncanakan menentukan tiga film terbaik dan tujuh film yang masuk nominasi dari 1.600 pendaftar. Hadir dan ikut menyaksikan penjurian karya anak bangsa, di antaranya Sekretaris Fraksi PKB DPR H Cucun A Syamsulrijal, Arzeti Bilbina, dan Siti Mukaromah.

Salah satu juri Jajang C Noer mengaku bangga dengan PKB yang konsisten menggelar event yang memberi kesempatan para sineas muda untuk berkreasi mengembangkan minat dan bakatnya. "Ini kali kedua saya dilibatkan sebagai juri, dan memang PKB itu konsisten kepeduliannya pada film dan baru PKB lho, ungkap Jajang.

Ketua Fraksi PKB DPR Hj Ida Fauziyah yang ikut mendampingi proses penjurian merasa bangga melihat hasil kreasi film anak bangsa melalui ajang yang mengangkat tema 'Pancasila Rumah Kita' tersebut. "Bangga dan salut, filmnya bagus-bagus dan kreatif, pesan Pancasila Rumah Kita dan semangat nasionalismenya sangat terasa," ujar Ida dalam siaran pers.

Terkait tema Pancasila Rumah Kita yang diusung FPKB DPR, menurut Ida, idenya bermula dari gagasan Ketua Umum PKB A Muhaimin Iskandar yang melihat pentingnya menguatkan kembali ideologi Pancasila, khususnya dikalangan anak muda.

"Tematik ini bermula dari keprihatinan Cak Imin akan rendahnya pemahaman tentang Pancasila sekaligus kecintaan beliau pada NKRI, karena bagi kader NU kader PKB, Pancasila dan NKRI adalah harga mati dan penting semangat nasionalisme dan kebinekaan ini di viralkan melalui film salah satunya," ujarnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement