Ahad 13 Aug 2017 21:33 WIB

Pesan Ki Bagus Hadikusumo untuk Indonesia

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Agus Yulianto
Pertemuan putera puteri pendiri bangsa
Foto: Republika/Wilda Fizriyani
Pertemuan putera puteri pendiri bangsa

REPUBLIKA.CO.ID, JOMBANG -- Cucu Pendiri Bangsa, Nuskhi Hadikusumo mengungkapkan, sebuan pesan yang diperuntukkan bagi Indonesia dari Ki Bagus Hadikusumo. Pendiri bangsa itu pernah mengajarkannya sejumlah pilar jika ingin menyusun negara adil, makmur dan sejahtera.

"Pertama, persatuan Indonesia yang dirumuskan pada sila ketiga pada dasarnya didasarkan dari firman Allah SWT," ujar Nuskhi dalam Pertemuan Putera-puteri Pendiri Bangsa di Pondok Pesantren Tebu Ireng Jombang, Ahad (13/8).

Sementara untuk membangun negeri aman dan sejahtera, Nuskhi mengatakan, itu harus memiliki ekonomi yang kuat. Dalam hal ini mampu memberdayakan alam dengan baik demi masyatakat Indonesia. Terlebih lagi, Sumber Daya Alam (SDA) di Indonesia yang kaya ini memang diperuntukkan untuk kesejahteraan bangsa.

Selanjutnya, suatu bangsa harus menciptakan pertahanan yang kuat termasuk persenjataannya. Perintah ini juga sudah tertera dalam ayat Alquran, yakni Al-anfal ayat 60.

Nuskhi juga mengungkapkan, pesan sang kakek terkait mencitpakan negeri adil dan makmur yang muncul pada sila kelima Pancasila. Menurut dia, itu semua telah diajarkan dan didasarkan pada surat Al Hasyr ayat tujuh.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement