Selasa 08 Aug 2017 16:46 WIB

PAN: Rakernas Perkuat Konsolidasi Jelang Pilkada 2018

Partai Amanat Nasional
Partai Amanat Nasional

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Amanat Nasional (PAN) akan menggelar Rapat Kerja Nasional ke-III pada 21-23 Agustus 2017 di Bandung, memperkuat konsolidasi internal menjelang pelaksanaan Pilkada 2018, Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2019, kata Ketua Panitia Rakernas Yandri Susanto.

"Ini agenda Rakernas tahunan ketiga dibawah kepemimpinan Zulkifli Hasan. Kenapa di Bandung? Karena tempat itu strategis menghadapi Pilkada 2018 sehingga untuk memperkuat konsolidasi," kata Yandri dalam konferensi pers di Ruang Rapat Fraksi PAN, di Jakarta, Selasa (8/8).

Yandri mengatakan PAN ingin memaksimalkan konsolidasi organisasi khususnya menghadapi Pilkada 2018 sehingga dalam acara itu akan mendengarkan laporan dari semua pengurus PAN di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota terkait kondisi kekinian partai.

Menurut dia, partainya juga ingin melihat konsolidasi pencalegan karena April 2018, KPU sudah mulai menggulirkan Daftar Calon Sementara (DCS). "Masalah lain strategi pemenangan pemilu, kami akan mengefektifkan konsolidasi pilkada dan pemenangan pemilih 2019," ujarnya.

Ketua DPP PAN itu mengatakan Rakernas memiliki nilai strategis dalam usaha memenangi Pilkada Jawa Barat 2018 karena wilayah itu sangat penting bagi partainya yaitu dekat dengan Provinsi DKI Jakarta dan penduduknya paling banyak.

Dia menjelaskan apakah Rakernas itu akan diumumkan pasangan yang akan diusung PAN dalam Pilkada Jabar, semua tergantung laporan DPW PAN Jabar kepada DPP PAN. "Kami juga akan komunikasi dengan organisasi keagamaan seperti Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama, Persatuan Islam dan kelompok lain. Kami ingin menanyakan figur siapa yang pas untuk menjadi pemimpin di Jabar," katanya.

Selain itu menurut dia, dalam Rakernas kecil kemungkinan dibahas mengenai calon presiden dan calon wakil presiden yang akan diusung dalam Pemilu Presiden (Pilpres) 2019. Hal itu menurut Sekretaris Fraksi PAN DPR RI itu, karena masih ada Rakernas di tahun 2018 dan ditingkatan Panitia Pelaksana belum dibahas terkait hal tersebut.

"Memang PAN lakukan Rakernas sebelum Pilpres dan keputusan mengusung calon presiden ada di Rakernas. Namun apakah diputuskan di Rakernas besok atau bukan, masih ada Rakernas berikutnya," ujarnya.

Yandri mengatakan Rakernas PAN itu akan diikuti seluruh anggota PAN mulai tingkat DPP hingga DPC yaitu diperkirakan dihadiri 5.000 orang dan akan mengundang para calon kepala daerah yang diusung PAN dalam Pilkada 2018.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement