Jumat 04 Aug 2017 17:44 WIB

Demokrat Rilis Bakal Cawalkot Bandung Terpilih

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Indira Rezkisari
Pilkada (ilustrasi)
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Pilkada (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Partai Demokrat Kota Bandung telah membuka penjaringan bakal calon walikota Bandung pada Juli lalu untuk Pilkada 2018 mendatang. Hasilnya empat orang yang dinilai menjadi kandidat terkuat akan diperkenalkan untuk ikut proses selanjutnya.

Ketua Tim Penjaringan Partai Demokrat Kota Bandung Aan Andi Purnama mengatakan empat nama tersebut merupakan kandidat yang terpilih dari 11 calon yang sebelumnya telah mendaftar penjaringan Partai Demokrat.

"Ada empat nama yang akan diperkenalkan ke publik. Pertama Tomtom Dabbul Qomar (kader DPC Demokrat Kota Bandung), Chairul Y. Hidayat (putra mantan Menteri Perindustrian era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, MS Hidayat), Fiki Satari (Ketua Bandung Creative City Forum) dan Yossi Irianto (Sekretaris Daerah Kota Bandung)," kata Aan di Kota Bandung, Jumat (4/8).

Aan mengatakan mereka terpilih setelah dilakukan verifikasi dan penilaian internal oleh pengurus Partai Demokrat Kota Bandung. Penilaian didasarkan aspek kesehatan, pendidikan, pengalaman, serta tentunya visi misi yang dibawa para calon untuk menjadi orang nomor satu di Kota Bandung yang diusung Partai Demokrat.

Dari kesehatan, Aan menyebutkan setiap calon harus memiliki fisik dan mental yang sehat dalam menghadapi pertarungan politik. Pendidikan calon juga harus diverifikasi sesuai dengan syarat dan ketentuan dalam aturan calon kepala daerah. Untuk pengalaman, Partai Demokrat juga melihat calon yang berpengalaman dalam kepemimpinan serta memiliki jaringan yang luas.

"Terakhir visi misi yang paling penting juga. Selama ini para calon banyak yang visi misinya melanjutkan program walikota saat ini. Padahal visi misi yang dicari Partai Demokrat itu, kita ingin calon mempunyai ide dan gagasan yang original dan mampu menjawab permasalahan di Kota Bandung," tutur dia.

Selanjutnya, kata Aan, keempat kandidat kuat ini akan diperkenalkan ke publik melalui Konvensi Partai Demokrat yang digelar pada Ahad (6/8) mendatang. Melalui konvensi ini, para calon akan memaparkan visi misinya kepada khalayak luas.

"Beberapa yang kita undang juga termasuk tokoh masyarakat, ormas dan pimpinan seluruh partai politikdi Bandung diundang. Di konvensi nanti para peserta diberi kesempatan memaparkan visi misi ide gagasan Kota Bandung ke depan kepada publik," ujarnya.

Ia memperkirakan ada ribuan undangan yang hadir untuk dapat menyaksikan peresmian empat kandidat utama dalam Konvensi Partai Demokrat. Para balon ini nantinya akan mengikuti tahap selanjutnya sampai dipilih diusung melalui keputusan pengusungan resmi partai.

Partai Demokrat juga akan membuat survei internal pada pertengahan Agustus dan September. Hasil survei ini akan menjadi rekomendasi siapa calon yang nantinya akan diputuskan pengurus pusat. Diperkirakan pertengahan Oktober sudah ada nama yang siap diumumkan sebagai yang akan diusung Partai Demokrat.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement