Kamis 03 Aug 2017 21:34 WIB

Jakarta Berkomitmen Menuju Bebas Pasung

Pasung (ilustrasi)
Foto: pesatnews.com
Pasung (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dinas Sosial DKI Jakarta berkomitmen menjadikan Jakarta Bebas Pasung bagi orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Hal ini sebagai dukungan Gerakan Bebas Pasung 2019 yang diusung Pemerintah Pusat.

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Masrokhan mengatakan, jumlah ODGJ di DKI cukup tinggi. Mereka berada di Panti Sosial Bina Laras khusus untuk ODGJ milik Dinas Sosial DKI Jakarta sebanyak 2.784 orang. "Di panti kami sudah punya program penanganan secara komprehensif. Di tengah-tengah warga kami punya program Unit Informasi Layanan Sosial (UILS) di lima wilayah kota," kata Masrokhan.

Untuk mendukung gerakan itu, juga diperlukan peran keluarga yang memahami penanganan yang tepat untuk anggota keluarganya yang memiliki gangguan jiwa. Pihaknya telah mengumpulkan semua petugas yang berada di lapangan untuk memberikan pemahaman kepada keluarga bahwa ODGJ perlu mendapatkan penanganan medis bukan pemasungan.

Memberikan pemahaman kepada keluarga itu, katanya, merupakan upaya preventif dalam Gerakan Stop Pemasungan.

"Petugas kami di lapangan seperti petugas panti, UILS dan Satuan Pelaksana Sosial Kecamatan akan memberikan pemahaman bagaimana penanganan apabila ada anggota keluarga yang menjadi ODGJ," kata Masrokhan.

Sementara itu, Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial DKI Jakarta Chaidir menuturkan, stigma pada ODGJ di masyarakat masih negatif. Padahal, penderita psikotik juga berhak hidup layak dan mendapatkan pengobatan untuk sembuh dan mencapai kualitas hidup yang optimal.

"Penanganan segera itu penting dilakukan. Nggak perlu malu karena ada keluarga yang seperti itu. Mereka bisa pulih kok jika diberikan penanganan yang baik dan optimal," kata Chaidir.

Warga yang ingin mendapatkan informasi terkait penanganan penderita psikotik dapat menghubungi Unit Informasi Layanan Sosial (UILS) yang ada di lima wilayah kota. UILS Koja ada di Jl. Persahabatan No.19 Tugu, Koja Jakarta Utara, UILS Kemayoran ada di Jl. Panca V No.39 Kemayoran Jakarta Pusat, UILS Meruya di Jl. Meruya Selatan No.33 Kembangan Jakarta Barat, UILS Duren Sawit di Jl. Pendidikan Raya No.32 Duren Sawit Jakarta Timur, UILS Ciracas Jl. Centex No.1 Ciracas, Jakarta Timur, dan UILS Tebet di Jalan Al-Barkah Tebet, Jakarta Selatan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement