Rabu 02 Aug 2017 20:37 WIB

112 Kebakaran Terjadi di Bandung Januari Hingga Juli

Kebakaran. Ilustrasi
Foto: Antara
Kebakaran. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung mencatat sepanjang Januari hingga akhir Juli 2017 terjadi 122 kasus kebakaran di kota itu.

"Musim kemarau ini secara kuantitas meningkat, ada 122 kejadian kebakaran hingga saat ini," ujar Kepala Dinas Kebakaran (Diskar) dan Penanggulangan Bencana (PB) Kota Bandung, Ferdi Linggaswara di Bandung, Jawa Barat, Rabu (2/8).

Ferdi mengatakan, jumlah tersebut meningkat dibanding tahun 2016 yang mencapai 107 kasus di periode yang sama. Kebakaran yang terjadi hampir didominasi oleh kelalaian manusia seperti arus pendek listrik di pemukiman padat penduduk.

Terlebih, kata dia, masyarakat sering menumpuk instalasi listrik atau terminal yang tidak kuat menahan beban panas sehingga terjadi percikan api. "Kebanyakan akibat arus pendek," kata dia.

Usia instalasi listrik di rumah yang sudah berumur atau lebih dari 10 tahun juga sering menjadi pemicu kebakaran. "Karena umur juga (instalasi listrik), juga kabel sering digigit tikus," kata dia.

Untuk itu, dia meminta kepada masyarakat terutama saat musim kemarau untuk lebih waspada dan tidak menumpuk instalasi listrik.

Kemudian bagi masyarakat yang mendapati kawasan sekitar rumahnya terbakar untuk segera menghubungi "Emergency Call 113" yang dapat dihubungi melalui telepon pintarnya. "Kita melengkapi juga untuk meminta masyarakat menghubungi 'Emergency Call 113' jika terjadi kebakaran," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement