Rabu 02 Aug 2017 03:03 WIB

Ini Pesan Ketua KPK kepada Peserta KBFP Angkatan VI

Ketua KPK Agus Rahardjo
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Ketua KPK Agus Rahardjo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua KPK Agus Rahardjo menerima kunjungan 50 pemuda dari seluruh Indonesia di Gedung KPK, Selasa, (1/9). Pemuda-pemuda ini merupakan peserta Kader Bangsa Fellowship Program (KBFP) Angkatan VI yang tengah mengikuti sekolah singkat kepemimpinan di Jakarta.

Kepada para pemuda-pemuda terpilih ini, Agus banyak memberikan petuah agar mengkampanyekan kejujuran, transparansi, dan integritas. Karena menurutnya hal itu merupakan tiang penegakan korupsi yang sesungguhnya.

Apalagi, lanjut Agus, kini sistem penegakan hukum atas tindak pidana korupsi tengah berjalan dengan baik. Namun upaya pemberantasan korupsi akan maksimal jia didukung penuh dari partisipasi masyarakat. Maka dari itu, ia pun sangat mengapresiasi kegiatan KBFP yang menurutnya merupakan suatu gerakan yang mengarah ke pembangunan integritas dan karakter bangsa.

"KPK perlu bantuan semua pihak. Ide-ide semacam ini (KBFP) sangat baik dan positif untuk dikembangkan. Jangan berhenti hanya disini, Anda semua harus punya networking, memiliki aksi nyata dan gerakan positif untuk membangun Indonesia yang sejahtera, bebas dari korupsi," kata Agus dalam rilis KBFP, Selasa (1/8).

Agus pun memaparkan, masih banyak modus operandi korupsi yang harus di bongkar oleh KPK. KPK kini tengah fokus memberangus korupsi di tingkat daerah, karena slama ini jarang tersentuh. Sasaran KPK saat adalah penyelenggara negara seperti Bupati, Walikota dan DPRD.

"Kalau di daerah kita hanya boleh menyentuh Bupati, Wakil Bupati, Walikota, Wakil Walikota sama DPRDnya," sambung Agus.

Peringatan keras darinya ini menunjukkan bahwa gejala korupsi di Indonesia tidak hanya berada di tataran elit pusat semata, tapi memang mengakar di daerah. Ia pun mendorong pemberantasan praktek korupsi seperti money politic di pilkada, benar-benar dilakukan secara maksimal dan dalam pengawasan ketat.

"Kita ingin kesejahteraan Indonesia bukan hanya mimpi semata. Kita harus sadari, memberantas korupsi merupakan salah satu upaya untuk menghadirkan kesejahteraan bagi rakyat Indonesia," pungkas Agus,

Selain beraudiensi dengan Ketua KPK, peserta KBFP Angkatan VI juga melakukan kunjungan ke DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) lalu disambung dengan kegiatan kelas diskusi bersama Deputi III Staf Kepresidenan RI Denni Puspa Purbasari dan Deputi IV Staf Kepresidenan RI Eko Sulistyo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement