Ahad 30 Jul 2017 19:28 WIB

Jumlah Peserta MTQMN XV Terbanyak Sepanjang Sejarah

Rep: Binti Sholikah/ Red: Yusuf Assidiq
Peserta MTQ Mahasiswa Nasional XV.
Foto: Wilda Fizriyani
Peserta MTQ Mahasiswa Nasional XV.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Perhelatan Musabaqoh Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) XV di Malang, Jawa Timur, diklaim sebagai MTQ dengan jumlah peserta terbanyak sepanjang sejarah penyelenggaraan kegiatan ini.

Ketua Penyelenggara MTQMN XV, Akhmad Muwafik Saleh, mengatakan jumlah peserta yang mengikuti MTQMN tahun ini paling banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, yakni 251 perguruan tinggi dengan sekitar 3.000 peserta termasuk official.

"Bahkan ada Dewan Hakim yang mengusulkan kalau pergelaran MTQMN XV ini dimasukkan rekor MURI saja. Sekarang jumlah pesertanya 3.000-an dibanding tahun-tahun sebelumnya hanya 1.000 sampai 2.000 orang," jelasnya saat ditemui di kampus Universitas Brawijaya (UB) Malang, Ahad (30/7).

Muwafik mengaku, panitia mempersiapkan MTQMN XV selama empat bulan sebelumnya. Tak ayal, target peserta justru lebih dari yang dibayangkan.

Selain itu, ia juga mengklaim MTQMN XV sebagai yang termegah. Kemegahan MTQMN kali ini salah satunya terlihat saat pembukaan yang dianggap sangat meriah. Terutama dari sisi desain dan lokasi di luar ruangan.

Kegiatan MTQMN juga dimeriahkan dengan shalawat pada Sabtu (29/7) malam. Acara shalawat diikuti hampir 10 ribu umat Islam di Malang Raya. "MTQ kali ini tidak hanya sekadar milik mahasiswa tapi juga milik masyarakat umum," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement