Jumat 28 Jul 2017 16:42 WIB

Aksi 287, Kapolda Metro: Alhamdulillah Aman

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Teguh Firmansyah
Sejumlah warga muslim menggelar aksi 287 di Jakarta, Jumat (28/7).
Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Sejumlah warga muslim menggelar aksi 287 di Jakarta, Jumat (28/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Idham Azis meninjau langsung aksi 287 yang digelar hari ini, Jumat (28/7). Agenda aksi yang diprakarsai Presidium Alumni 212 itu berencana mengajukan gugatan uji materi Perppu 2/2017 tentang Ormas.

Idham pun memastikan aksi itu berjalan lancar tanpa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. "Alhamdulillah aman. Landai saja," kata dia di kawasan Monas, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (28/7).

Dalam kesempatan itu, Idham mengajak masyarakat untuk dapat bekerja sama dalam menyampaikan pendapat di muka umum. Kerja sama itu diwujudkan dengan penyampaian pendapat yang tertib dan sesuai aturan dan imbauan aparat kepolisian.

"Kami juga berharap kerja samanya, siapa lagi yang jaga kalau bukan kita. Prinsip Polda Metro Jaya, mengawal, mengamankan, melayani seluruh pelaksana unjuk rasa agar berjalan tertib dan aman," kata dia.

Sejumlah perwakilan dari Aksi 287 pun akhirnya berhasil menemui perwakilan MK. Dalam pertemuan itu, perwakilan aksi menyampaikan keberatannya terkait terbitnya Perppu 2/2017 tentang Ormas. Usai pertemuan itu, peserta aksi pun mulai membubarkan diri.

Pantauan di lokasi aksi 287, pukul 3.45 WIB massa telah berangsur meninggalkan lokasi. Massa yang kebanyakan memakai atribut putih-putih itu pun berangsur pulang tanpa ada kericuhan. Hal ini sesuai dengan imbauan polisi agar massa membubarkan diri sebelum pukul 18.00 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement