Jumat 28 Jul 2017 09:30 WIB

Peduli Lingkungan, PKS Adakan Diskusi Masa Depan Reklamasi

Rep: Ali Mansur/ Red: Bilal Ramadhan
Foto udara pulau hasil reklamasi di Teluk Jakarta, Kamis (11/5).
Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso
Foto udara pulau hasil reklamasi di Teluk Jakarta, Kamis (11/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai bentuk kepeduliannya terhadap lingkungan, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menggelar diskusi publik dengan tema "Masa Depan Reklamasi dan Pembangunan Berkelanjutan di Jakarta". Acara tersebut digelar di MD Building, Jakarta, Kamis (27/7) malam. Ketua Bidang Ekuintek LH DPP PKS Memed Sosiawan mengatakan reklamasi dan pembangunan berkelanjutan bukanlah masalah yang sangat sederhana.

"Reklamasi dan pembangunan berkelanjutan harus diperhatikan. Sebab reklamasi bukanlah masalah sederhana. Pascareklamasi akan menjadi masalah besar cepat atau lambat," jelas Memed, dalam keterangan tertulisnya.

Faktanya, kata Memed, reklamasi tidak hanya terkait Jakarta namun juga beberapa daerah di Indonesia. Menurutnya reklamani merupakan masalah yang belum ada kepastian hukumnya. Di Sidoarjo juga muncul reklamasi yang merupakan buangan lumpur Lapindo.

"Oleh sebab itu, bidang Ekuintek LH perlu sekali memfasilitasi publik untuk mendiskusikan hal itu," tambah Memed.

Diskusi tersebut menghadirkan Direktur Pengendalian Dampak Kebijakan dan SektorKementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Laksmi Wijayanti dan Direktur Pengaduan, Pengawasan dan Sanksi Administratif Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Rosa Vivien Ratnawati. Selain itu juga dihadiri dihadiri oleh elemen masyarakat, aktivis lingkungan hidup, mahasiswa dan kader.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement