Jumat 28 Jul 2017 06:19 WIB

Kota Makassar Raih Piala Adipura Akibat Program Bank Sampah

Bank Sampah (Ilustrasi)
Foto: Republika/Adhi Wicaksono
Bank Sampah (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Pemerintah Kota Makassar kembali meraih piala Adipura pada tahun 2017 ini setelah adanya pelibatan masyarakat dalam mengelola sampah khususnya pada program bank sampah.

"Program bank sampah menjadi salah satu instrumen kenapa masyarakat mau mengelola dengan baik sampahnya karena sampah itu bisa bernilai ekonomis," ujar Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto di Makassar, Kamis (27/7).

Ia mengatakan, adipura hanyalah sebuah lambang kebersihan kota. Gerakan kebersihan di kota Makassar sendiri memang telah berada pada titik puncak dimulai di tahun 2014 atau tiga tahun yang lalu.

"Gerakan ini melibatkan seluruh masyarakat dan kemudian diperkuat dengan sistem kebersihan baik itu dimulai dari satgas kebersihan, satgas drainase, kemudian dengan sitem pengangkutan sampah yang baik, dan pembenahan TPA," paparnya.

Disebutkannya, hadirnya bank sampah yang merupakan sebuah model pengelolaan persampahan produktif mampu memberi nilai ekonomi yang cukup baik bagi masyarakat kalangan bawah maupun menengah. Hal ini juga disertai dengan inovasi tentang sampah tukar beras, sampah tukar emas, serta sampah tukar dengan barang- barang yang dibutuhkan masyarkat.

Menurut dia, piala adipura kali ini sangatlah berbeda dengan adipura sebelumnya, di mana tahun ini memerlukan penanganan yang ekstra karena penilaian dari pusat sangat ketat dan dengan berbagai kriteria yang harus dipenuhi.

"Adipura yang ketiga ini adalah adipura yang fenomenal karena pada tiga tahun berturut- turut Makassar meraih adipura pada saat penilaian adipura justru saat kriteria semakin ketat dan tinggi. Ini merupakan pencapaian dari kota Makassar yang luar biasa sebagai hasil kerja sama dari seluruh pihak terutama masyarakat," ungkapnya.

Adapun penghargaan tertinggi bidang kebersihan ini diketahui melalui surat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya No. UN.72/PSLB3/PS/PLB.0/7/2017 terkait Undangan Penyerahan Anugerah Adipura.

Penyerahan akan dirangkaikan acara peringatan puncak hari lingkungan hidup 2017, Rabu 2 Agustus 2017 bersama Presiden RI Joko Widodo, di Plaza Ir Soedjono Soerjo Manggala Wanabakti, Jakarta.

Sementara untuk penganugerahan piala adipura akan diserahkan pada hari yang sama pada acara malam anugerah lingkungan pada pukul 18.00 WIB, di Auditorium Manggala Wanabakti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement